Berita  

Bupati Pacitan Tinjau Langsung Tanah dan Jalan Amblas di Kecamatan Punung

 20 total views,  1 views today

Pacitan – Hujan dengan intensitas tinggi yang menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan mulai awal tahun menyebabkan tanah di Dusun Krajan Desa Mantren Kecamatan Punung amblas dan mucul lobang besar dengan diameter sekitar 5 meter, tanah amblas tersebut berada di lahan perkebunan milik warga setempat.

Kejadian amblasnya tanah tersebut menyita perhatian Bupati Pacitan Indartato yang meninjau langsung kelokasi bencana bersama BPBD dan unsur terkait lainnya. Setelah melihat kondisi tanah amblas tersebut, Orang nomor satu di lingkup Pemkab Pacitan tersebut meminta kepada pihak terkait untuk segera mengambil tindakan dan langkah antisipasi terhadap fenomena tersebut, karena jika di biarkan akan sangat berbahaya.

“Kepada pihak terkait agar segera mengambil langkah antisipasi dengan fenomena amblasnya tahan di lahan warga tersebut, agar jangan semakin lebar dan dalam, karena sangat membahayakan, kepada Camat dan jajaran forkompimca serta Kepala Desa agar bisa memberitahu warga sekitar agar lebih berhati-hati dan waspada,jika perlu di beri tanda peringatan di sekitar lokasi,”ujar Indartato saat meninjau langsung ke lokasi kejadian, Jum’at (03/01/2020)

Lebih lanjut Pak In sapaan akrab beliau menambahkan, Untuk pihak terkait segera mungkin mendatangkan ahli Geologi untuk mengetahui penyebab fenomena amblasnya tanah tersebut, Selain itu sekitar lokasi agar di pasang garis pengaman serta tanda-tanda agar masyarakat setempat mengetahui jika tanah disekitar lokasi tidak aman.

“Diharapkan pihak terkait segera mendatangkan ahli geologi dan upayakan minggu depan sudah ada hasilnya, agar bisa segera di antisipasi dan upaya penanganannya agar tidak meluas ke lokasi lainnya,”harap Bupati.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengatakan, fenomena tanah amblas di ketahui dari informasi warga, Menurut keterangan warga setempat tanah amblas terjadi sejak hujan lebat diawal tahun. Namun, belum terlalu lebar. Baru memasuki hari kedua amblas semakin luas dan dalam.

“Mendapat informasi adanya fenomena tersebut kita langsung turun ke lokasi dan melihat langsung, dan hari ini Bupati juga melihat langsung ke sini, kita akan upayakan secepatnya untuk mendatangkan ahli geologi untuk mengetahui penyebab amblasnya tanah tersebut, untuk pengamanan saat ini kita pasang garis polisi di sekitar lokasi,”terangnya.

Usai meninjau tanah amblas, Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan meninjau jalan amblas di Dusun Petung Desa Tinatar Kecamatan Punung yang merupakan jalur penghubung antara Kabupaten Pacitan dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.(tyo)