Berita  

Pemkab Aceh Tamiang Turut Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-74

 23 total views,  1 views today

Global investigasi news co.id Aceh Tamiang – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang turut memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 74 tahun 2020, yang bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama setempat, Jum’at (03/01/20).

Sekretaris Daerah, Basyaruddin, SH Bertindak sebagai Pembina Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama yang berlangsung sederhana pagi tadi.

Membacakan amanat Menteri Agama RI, Fachrul Razi, Sekda menyampaikan, agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

“Saya perlu menegaskan di sini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam ‘satu kotak’, untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” tirunya.

Sekda kemudian melalui amanat tersebut, mengajak seluruh aparatur Kementerian Agama menjadi agen perubahan untuk memperkuat kerukunan.

“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementrian Agama Tahun 2020 ialah, ‘Umat Rukun, Indonesia Maju’, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan Daerah agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air,” serunya.

Dijelaskan, sejarah kelahiran Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, Sekda meminta seluruh jajaran Kementrian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

Di akhir amanat yang dibacakannya, Sekda Basyaruddin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh mitra kerja Kementerian Agama, terutama dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja Kementerian Agama, Bupati, majelis-majelis agama, organisasi kemasyarakatan, lembaga dakwah, serta rekan media atas dukungan dan kerjasama dalam membantu kelancaran tugas dan program Kemenag,” pungkasnya.

Setiap tahunnya, tanggal 03 Januari merupakan Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Pada tahun 2020 ini, HAB Kemenag ke 74 mengusung tema “Umat rukun, Indonesia Maju,”. Dengan slogan ini, diharapkan Kemenag dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan berupa piagam gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Tahun 2019, “Lencana Karya Satya” secara simbolis kepada Kepala Kantor Kemenag, Hasan Basri, dan perwakilan aparatur, Dorimatun, dan Saparuddin, dengan total penerima pengahargaan sebanyak 42 orang.

Tampak hadir dalam Peringatan Hari Amal Bakti, Ketua Komisi II DPRK, Samuri. Ketua MPU, Ustadz Syahrizal, Kasdim 0117, Mayor Inf. A. Ayani, Wakapolres, Kompol M. Nuzir, Kepala BRI Cabang Kualasimpang serta para undangan lainnya. (E)

Sumber Humas Setdakab Aceh Tamiang.