Berita  

Satgas Yonif R 142/Kj Sigap Bantu Penanganan Tiang Listrik yang Tumbang Akibat Bencana Alam

Belu, – Ginewstvinvestigasi.com,- Personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ membantu pengamanan serta penanganan tumbangnya tiang listrik akibat hujan deras dan angin kencang sehingga menghalangi akses jalan di Desa Fatulotu Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kejadian tersebut berawal dari turun hujan deras yang disertai dengan tiupan angin kencang sehingga mengakibatkan beberapa tiang listrik tumbang dan menutup akses sehingga menganggu kelancaran akses transportasi jalan umum di wilayah perbatasan,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas, di Mako Satgas Atambua (3/1/2020).

“Kejadian ini tepatnya di Desa Fatulotu selaku desa binaan Pos Mahen Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, personel kami menerima laporan dari warga bahwa ada beberapa tiang listrik tumbang di depan kantor Camat Lasiolat Desa Fatulotu,” paparnya.

“Kejadian ini terjadi pukul 16.30 WITA, hari Kamis 02 Januari 2020 sehingga menutup akses jalan perlintasan dan pemadaman listrik yang cukup lama,” jelasnya.

“Mengetahui kejadian yang dilaporkan oleh warga tersebut, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen langsung memerintahkan Serda Rangga Mulyono selaku Wadanposnya beserta 6 orang personel lainnya untuk mengecek kebenaran laporan dari warga,” lanjutnya.

“Saat tiba dilokasi kejadian, personel Pos Mahen melihat 3 tiang listrik yang tumbang dan sebagian kabel listrik yang menyambungkan ke rumah warga terputus,” paparnya lebih lanjut.

“Melihat hal tersebut, personel Pos Mahen langsung menghubungi pihak PLN selaku perusahaan resmi dengan tetap memberikan pengamanan di sekitar lokasi kejadian untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” terangnya.

“Dengan adanya kejadian tersebut, diharapkan kepada masyarakat yang melintas agar berhenti terlebih dahulu saat turun hujan lebat dan angin kencang, beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin,

“Dalam berkendara hendaknya lebih berhati-hati, apabila turun hujan lebih baik berhenti dahulu untuk berteduh sampai hujan berhenti, kemudian disarankan jangan berteduh dibawah pohon, cari tempat yang aman agar kita selamat sampai tujuan,” imbuhnya Dansatgas lebih lanjut.

Sementara itu, Bpk Fauzi (52) selaku pimpinan pihak PLN yang hadir di lokasi kejadian, mengapresiasi tindakan sigap yang dilakukan oleh personel Satgas Yonif Raider 142/KJ dalam memberikan bantuan atas kejadian tersebut.

“Kami mengucapkan terimah kasih kepada personel Pos Mahen Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah membantu proses pengamanan dan penanganan untuk warga masyarakat di perbatasan,” ujarnya.

Terpisah, Serda Rangga Mulyono selaku Wadanpos Mahen Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ menyampaikan tanggapannya atas kejadian tersebut.

“Ini sudah menjadi tugas kami selaku personel TNI- AD untuk membantu apabila ada kejadian yang tidak kita inginkan, apalagi kejadian ini diwilayah desa binaan kami, kami berharap apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi orang lain,” tandasnya. (penremgapu) Rep : mansyur