Berita  

Wujudkan Swasembada Pangan, Satgas Pamtas Yonif R 142/Kj Pos Damar Laksanakan Tanam Jagung Bersama Petani di Perbatasan

 63 total views,  2 views today

Belu,- ginewstvinvestigasi.com,- Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan, personel Pos Damar Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama warga masyarakat yang berprofesi petani melaksanakan penanaman jagung di Dusun Aisik Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabuapten Belu NTT.

“Disamping melaksanakan tugas dalam rangka pengamanan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, kami juga melaksanakan Tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat,” papar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Sabtu (4/1/2020).

“Kegiatan Bintersatnonkowil ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program-program Pemerintah Pusat maupun Daerah, salah satunya adalah upaya mewujudkan swasembada pangan seperti jagung,” jelasnya.

“Saat ini personel kami yang berada di pos-pos sepanjang garis perbatasan sektor timur seperti Pos Damar sedang mendorong dan mempercepat usaha warga masyarakat di perbatasan, salah satunya membantu melaksanakan kegiatan penanaman jangung, hal ini dilaksanakan karena saat ini telah memasuki musim penghujan,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin.

“Kegiatan di wilayah Pos Damar ini dipimpin langsung oleh Serda Doli Afandi selaku Wadanpos Damar bersama 5 orang personel lainnya,” tegasnya.

“Kami berharap hasil dari pertanian jagung ini nantinya dapat lebih meningkatan perekonomian warga masyarakat perbatasan,”

Setiap pos-pos disepanjang garis perbatasan telah kami bekali personel yang memiliki keahlian dibidang pertanian, karena mereka telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan khusus dari Dinas Pertanian Provinsi Jambi,”

“Tak hanya membantu warga masyarakat dalam penanaman jagung, personel Pos Damar juga akan melakukan pendampingan terkait pemeliharaan jagung tersebut,” tuturnya.

Pendampingan yang dilakukan oleh personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ di wilayah desa binaan tersebut bertujuan agar target panen jagung milik warga masyarakat dapat tercapai secara maksimal, sesuai dengan program Pemerintah dibidang swasembada pangan.

“Kami berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi petani jagung lainnya, agar lebih giat lagi dalam mengembangkan usaha disektor pertanian sehingga akan tercapai swasembada pangan di wilayah perbatasan,” imbuhnya lebih lanjut.

Sementara itu, Bapak Alex (49) salah seorang warga Dusun Aisik mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ khususnya personel Pos Damar yang mendampingi mereka dalam kegiatan penanaman jagung.

“Kami sangat berterima kasih dan bangga atas kegiatan yang diselenggarakan oleh bapak TNI, semoga bapak TNI selalu diberikan Tuhan kesehatan, kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut,” ucapnya.

Terpisah, Serda Doli Afandi selaku Wadanpos Damar mengatakan kehadiran mereka untuk memotivasi warga masyarakat perbatasan di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

“Meskipun penanaman jagung ini masih dilakukan secara manual, kami tetap akan berusaha untuk membantu warga masyarakat, sehingga hasil panen akan tercapai secara maksimal dan memuaskan,” tandasnya.(penremgapu) Rep : mansyur