Berita  

Bupati Pacitan Lantik 113 Kepala Desa Untuk Periode 2020 – 2026

Pacitan – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa serentak tahun2019 di Kabupaten Pacitan telah usai, dan puncaknya hari ini adalah Pelantikan Kepala Desa terpilih. Ada 113 Desa yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten yang berjuluk kota 1001 Goa. Orang nomor satu di lingkup Pemkab Pacitan memimpin langsung pelantikan tersebut,

Bupati Pacitan menegaskan, Kades yang dilantik bisa segera bekerja sesuai dengan program kerja yang telah disusun, juga lebih berfikir inovatif dalam mengangkat potensi desa setempat.

“Sesuai peraturan, Kepala Desa akan menjabat hingga enam tahun mendatang, untuk itu segera lakukan tugas sesuai programnya masing-masing.Saya juga minta lebih inovatif, dan angkat potensi desa,”ujar Indartato dalam sambutan pada pelantikan Kepala Desa di Pendopo Kabupaten, Senin (06/01/2020)

Lebih lanjut Indartato menekankan, Bahwa Kepala desa harus memperhatikan arah kebijakan pemerintahan yang lebih atas. Apa yang sudah digariskan pemerintah pusat pemerintah desa dapat menjabarkanya. Semuanya harus berkesinambungan guna mewujudkan masyarakat adil makmur dan sejahtera.

“Kita ini adalah sub sistem dari sebuah sistem negara kesatuan Republik Indonesia maka dari itu kita dalam melaksanakan tugas harus sesuai aturan dari pemerintah pusat,”tambahnya.

Sementara itu Pak In sapaan akrab Bupati meminta kepada Sekretaris daerah (Sekda) dan jajaran untuk bisa memberikan bimbingan kepada kepala desa. Terutama, saat penyusunan RPJMDes agar selaras dengan perencanaan pemerintah kabupaten.

Prioritas utana adalah menekan angka kemiskinan serta mendorong indeks pembangunan Manusia (IPM) agar lebih baik lagi. Sedangkan proritas lain adalah meningkatkan sumber daya manusia yang handal agar berdaya saing tinggi.

“ Kepala desa sekarang banyak yang sudah berpendidikan tinggi jadi lebih cepat menyesuaikan diri, namun semua tidak lepas dari bimbingan Sekda dan jajaran agar semua berjalan selaras dan sesuai visi dan misi,”pintanya.

Indartato mengingatkan kepada kepala desa bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan tidak dapat bekerja sendiri. Namun, harus bekerja secara tim. Didesa ada perangkat desa, BPD, LKD, PKK swasta serta masyarakat,

“Sebagai Kepala desa wajib memiliki watak “menep” yakni bekerja dengan ikhlas meski mungkin banyak cobaan yang harus dihadapi. Tidak gampang marah serta rendah hati,”pintanya.

Ia juga meminta kepada para Kades yang baru di lantik, Agar bijak dalam mengelola dana desa sehingga alokasi dana desa yang diterima dapat bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa yang dipimpin.

“Pengelolaan Dana desa yang diterima harus bisa dimanfaatkan secara baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut,”tandasnya.

Berdasarkan surat keputusan Bupati nomor 188.45/1748-1860/KPTS/408.12/2019 kepala desa yang di lantik terdiri dari 8 Kades diwilayah Kecamatan Donorojo, 7 Kades, masing masing wilayah Kecamatan Pringkuku dan Punung, 9 Kades wilayah Kecamatan Pacitan.

Sedangkan 17 Kades wilayah Kecamatan Kebonagung kemudian 9 Kades dari wilayah Kecamatan Arjosari, 8 Kades wilayah Kecamatan Nawangan, 4 Kades wilayah Kecamatan Bandar, 10 Kades Wilayah Kecamatan Tegalombo. 13 Kades Wilayah Kecamatan Tulakan, 12 Kades wilayah Kecamatan Ngadirojo serta 9 Kades dari Kecamatan Sudimoro.

Pada kesempatan sama juga dilantik tim penggerak PKK desa oleh ketua tim pengerak PKK Kabupaten Ny. Luki Indartato.(tyo)