Berita  

Polres Simalungun Siapkan Tim Penanggulangan Bencana

 30 total views,  1 views today

Selasa, 7 Januari 2020 8:53 WIB

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu dan Dandim 0207 Sml Letkol Frans Kishin Panjaitan meninjau kesiapan alat berat di Simpang Palang, Tiga Dolok.

Simalungun (GINewstvinvestigasi. com. ) – Kepolisian di wilayah Kabupaten Simalungun mempersiapkan tim untuk menghadapi bencana Nasional dan akan menerbitkan beberapa panduan penanggulangan bencana.

Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu, Senin (6/1) mengatakan, hampir setiap tahun terjadi peristiwa rutin terkait bencana di beberapa daerah di Simalungun misalnya, kebakaran hutan, kekeringan, banjir dan tanah longsor.

Tercatat, bencana tanah longsor dan banjir setidaknya ada  empat kasus, di antaranya tanah longsor di Parapat, Kecamatan Tanah Jawa, Kecamatan Bandar dan Kecamatan Dolok Pardamean yang mengakibatkan adanya korban jiwa.

Makanya pembentukan tim diharapkan bisa mempercepat langkah penanggulangan bencana dari pihak-pihak terkait, misalnya TNI, Polri, SAR dan BPBD atau lembaga yang berhubungan dengan masalah bencana. 

Di sisi lain, rencana pembentukan tim juga diharapkan bisa mempercepat penentuan status tanggap darurat pada daerah Simalungun yang terdampak bencana guna mempercepat aliran dana bantuan bencana. 

Menurut Kapolres, meningkatkan sinergitas dengan Forkopimda Simalungun tentunya akan lebih mudah berkoordinasi bila ada dinamika kerugian harta benda dan jiwa yang diakibatkan bencana melalui adanya penentuan status oleh Pemerintah Daerah. (Sutrisman)