Berita  

Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-14 Koperasi Damai Setia Negara

Waykanan lampung ■ Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-14 Koperasi Damai Setia Negara Kecamatan Baradatu tahun 2020
Kp. Setia Negara Kecamatan Baradatu
GSG Way Kanan, 07 Januari 2020.

Sambutan tertulis Bupati Raden Adipati Surya
Mengawali sambutan ini atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus pengawas dan seluruh anggota Koperasi Damai Setia Negara atas terselenggaranya RAT pada hari ini, berarti pengurus dan Pangawas sudah menujukan kinerja dan mampu menjabarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 th 1992 tentang perkoperasiaan, dimana koperasi wajib melaksanakan RAT minimal 1 (satu) kali setahun dan jadikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan demokrasi koperasi.
Menyikapi ketatnya Persaingan dalam dunia usaha yang membawa dampak terhadap gelobalisasi dibidang ekonomi, maka Koperasi dituntut agar mampu berperan dan tetap eksis menjadi pilar dalam perekonomian nasional. Koperasi harus dikelola secara efektif dan efisien dengan SDM yang mempunyai kopetensi sesuai dengan ketentuan perkembangan dengan usaha, tetapi tetap dalam koridor koperasi dengan mempertahankan prinsip–prinsip dan jati diri sebagai koperasi sehingga sesuai ekonomi kerakyatan.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan dibawah kepemimpinan Saya dan Bapak Dr. Drs. Edwar Antony., M.M, senantiasa mengharapkan agar koperasi memiliki kredibilitas yang tinggi untuk anggotanya serta masyarakat pada umumnya, karena koperasi dibangun dari oleh dan untuk anggota, maka peran pemerintah daerah dalam memberdayaan koperasi dan UKM memberikan iklim yang kondusif dan mendorong peningkatan kualitas koperasi melalui pembinaan dan pengawasan serta perkuatan modal koperasi.

Berdasarkan data perkembangan koperasi di Kabupaten Way Kanan sampai dengan akhir tahun 2019 berjumlah 333 koperasi yang aktif tersebar di di Kabupaten Way Kanan. Dengan semakin meluasnya masyarakat untuk membentuk Koperasi dan UKM Setiap tahun. Maka Pemerintah Daerah memprogramkan pembinaan SDM koperasi melalui penilaian kesehatan, peningkatan koperasi sebagai wujud pemerintahan daerah dalam menciptakan koperasi yang berkualitas, dan tetap menggelorakan gerakan sadar koperasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan, sehingga benar–benar masyarakat tahu dan memahami efek vuktiplier dari Kehidupan berkoperasi.
Dalam Rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan koperasi agar bermanfaat bagi anggotanya maka melalui RAT ini saya minta agar Pengurus, pengawas dan seluruh anggota koperasi dapat memperhatikan dan meningkatkan kompetensi modal dasar, mengelola koperasi dan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada anggota (jangan pilih kasih terhadap anggota Koperasi). Penggurus dan Pengawas harus mempunyai komitmen untuk maju dan menglola usaha secara efektif dan efisien sehingga mampu bersaing dengan badan usaha lainnya.
Demikian pula anggotanya sebagai pemilik dan pelanggan harus melaksanakan kewajiban taat dengan koperasi jangan hanya meminta hak saja, harus seimbang antar hak dan kewajiban dalam melaksanakan kegiatan berkoperasi.
Kerja sama antara pengurus koperasi dengan gerakan koperasi dan usaha lainnya agar lebih di tingkatkan baik dalam bidang permodalan pemasaran maupun peningkatan kualitas SDM sebagaimana yang kami lihat pengurus koperasi telah menunjukan kinerja, baik tingkat rentabilitas, kuantitas selalu di capai untuk kemajuan koperasi. Agar Tetap eksis jangan cepat puas terhadap capaian, koperasi tetap terus meningkatkan pelayanan pada anggota karena masih banyak kebutuhan anggota yang harus dilayani secara maksimal.
Bapak dan ibu yang saya hormati,
Mengakhiri sambutan ini saya berpesan kepada kita semua agar mendukung sepenuhnya visi dan misi Way Kanan maju dan berdaya saing. Dengan cara berperan aktif memajukan koperasi dan meningkatkan nilai tambah hasil pertanian, perkebunan dan Usaha–usaha lainnya melalui pengembangan produk unggulan, serta mendorong mengembangkan usaha kecil, menengah menuju keungguan kompetif dan Kompratif.(Rahman)