Berita  

Peduli Penghijauan, Polsek Jiput Tanam Pohon Durian

Pandeglang – Pasca banjir yang melanda sekitar Banten dan pada pergantian tahun 2020 kemarin, masyarakat yang menjadi korban terdampak banjir kini mulai bebenah seperti melakukan kegiatan seputar penghijauan bumi Jiput.

Menyikapi hal itu, aparat kepolisian dari Polsek Jiput Polres Pandeglang nampak turut serta menghijaukan Bumi nan damai dengan menanam puluhan batang pohon durian.

Polsek Jiput Tanam Puluhan Batang
durian, nampak ditanam langsung oleh Kapolsek Jiput AKP Riadi didampingi Kanit sabaraha Iptu Rahya, Kanit Reskrim Ipda Karom, Kanit intel Aiptu Sayuti, Kasium AIptu Aceng, Kanit Bimas Bripka Jimmi, serta para personil Polsek Jiput, juga di hadiri oleh Inf Kasimun koramil 0112/Jiput dan camat Jiput yang baru Suntama serta ulama dan tokoh masyarakat Jiput. Jum,at (10/1/20) pagi.

Di sela-sela kegiatan, Kapolsek jiput turut langsung menanam pohon-pohon tersebut mengatakan, kegiatan penghijauan bumi yang diadakan pihaknya tidak lepas dari atensi pimpinanya yang memegang komando Polres Pandeglanh Polda Banten.

“Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari atensi bapak Kapolda Banten dan Bapak Kapolres Pandeglang, serta wujud hadirnya Polri peduli terhadap masyarakat maupun kondisi alam sekitar,” kata Kapolsek yang dikenal merakyat dan humoris ini.

Lebih jauh, orang nomor satu di jajaran Polsek Jiput yang khas dengan ramah nan humoris serta tegas dalam penegakan hukum tanpa tebang pilih ini menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya menanam jenis batang pohon durian.

“Adapun pohon yang ditanam dilingkungan Polsek Jiput kurang lebih 25 pohon,” bebernya.

“Tanaman hijau atau bibit pohon unggul kami tanam yang bertujuan untuk penyerapan air apabila terjadi banjir di kemudian hari, sekaligus untuk penghijauan dan memperindah lingkungan menjadi asri. Semoga tanaman ini bisa berguna di kemudian hari nantinya,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama koramil 0112/ Jiput Inf Kasimun mengatakan” Kegiatan Penghijauan di Jiput untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir dan membuat asri juga nanti agar di ketahui di luar kabupaten Pandeglang kualitas buah durian dan manggis Jiput.

Camat Jiput Suntama mengatakan ” Untuk pencegahan bencana banjir juga bermanfaat untuk anak cucu kita kalau bukan kita yang menanam siapa lagi dan juga Sesuai arahan pemerintah pusat, kita harus bisa menjaga alam insyaallah alam juga menjaga kita.

Sementara, salah satu tokoh masyarakat Jiput Kh. Khozinul Asror– ketika dimintai tanggapan seputar kegiatan penghijauan bumi ini, menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah positif yang telah dilakukan Polsek Jiput di lingkunganya tersebut.

“Kami selaku tokoh masyarakat Jiput – Pandeglang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolsek beserta jajaranya atas perhatianya terhadap alam di lingkungan kami , ini patut di contoh oleh semua masyarakat jiput umumnya masyarakat Pandeglang” ujarnya.

Selain itu, tokoh masyarakat ini menilai bahwa Polres Pandeglang selain memprioritaskan situasi kamtibmas yang kondusif, juga memperhatikan seputar kepentingan alam dan lingkungan sekitar.

“Inshaa Allah dengan adanya penghijauan ini, kita mewariskan kebaikan untuk anak cucu kita nanti. Kami berharap kegiatan ini dapat terus di tingkatkan,” pungkasnya. De M