Berita  

Warga AAL Jaga Kebugaran dengan Senam Lieng Tien Kung

Surabaya,- ginewstvinvestigasi.com,-
Kegiatan olah raga rutin yang dilakukan oleh warga Akademi Angkatan Laut (AAL) baik militer mupun PNS setiap hari Jum’at kali ini diisi dengan melaksanakan senam Lieng Tien Kung. Senam yang sering disebut juga senam empet-empet ini dilaksanakan di lapangan Banda, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Jum’at (10/1).

Gerakan dalam senam ini cukup mudah, rileks dan santai seperti halnya senam terapi. Namun memerlukan nyali yang kuat, yaitu melakukan tiga gerakan sekaligus : mengangkat jempol kaki keatas, menahan (empet) lubang anus dan mengangkat kaki dan tangan keatas hingga lengan menutup telinga secara berulang hingga hitungan 50, 100 hingga 300 kali. Gerakan ditutup dengan jalan bebek 15 langkah.

Senam ini memang terlihat santai dan mudah, namun apabila dilaksanakan dengan benar, tubuh kita akan terasa panas, berkeringat dan pegel (jawa : kemeng). Bahkan ada salah satu personel selesai melaksanakan senam untuk pertama kalinya, sampai tidak dapat berjalan karena saking pegelnya kaki. Senam ini sebetulnya cocok untuk orang yang berusia lanjut karena gerakannya santai namun manfaatnya luar biasa. Apabila senam Lieng Tien Kung ini rutin dikerjakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, ambeien dan lain sebagainya.

Senam Lieng Tien Kung pagi itu juga diikuti Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., pejabat utama AAL, Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto, Waket Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Nana Endi Supardi, S.E. serta pengurus Cabang BS Jalasenastri.

(Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Imam Setiadi, S.Sos., M.M.) Rep : mansyur