Berita  

Kasepuhan Adat Cisitu – Lebak Banten Mengadakan Kegiatan Kerja Bhakti

 51 total views,  1 views today

Lebak ■ GINews – Selaku kasepuhan adat Cisitu Olot okri memprakarsai adanya kerja bakti atau Gotong Royong.

Dalam pelaksanaan gotong royong ini membersihkan saluran air sepanjang 3 KM. Dari mulai Cikidang sampai dengan tanjakan cihapa. Saat di kompirmasi dilapangan terkait kegiatan ini kami dari awak media GI News bertanya langsung kepada salah satu tokoh masyarakat yang kebetulan ikut dalam kerja bakti ini atau gotong royong Bapak Haji Hoyo mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti ini sengaja tidak mengatasnamakan desa , tapi mengatasnamakan seluruh masyarakat adat kasepuhan Cisitu karena dalam hal ini yang mengadakan atau punya gagasan untuk mengadakan kegiatan kerja bakti atau Gotong royong adalah kasepuhan Cisitu, bukan kepala desa, tapi tidak terlepas dari pada itu kami memberitaukan kepala desa . Dan Alhamdulillah kepala Desa Cisitu Mulya Bpk Lili juga ikut dalam kegiatan ini.

Bapak Haji Yoyo menambahkan bahwa kegiatan ini di maksudkan agar saluran air ini tidak mampet apalagi sekarang musim hujan , kalau saluran ini mampet bisa menimbulkan banjir dan longsor , apalagi saluran ini di posisi melingkar dibawah pegunungan, Dalam hal ini kami mengantisipasi hal hal yang tidak di ingin kan. Kasepuhan Adat Cisitu yaitu ada di desa Cisitu Mulya dan Kujang Sari kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Sementara itu kasepuhan Cisitu Olot Okri saat di kompirmasi di rumah adat menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong ini di samping supaya saluran air lancar , tidak mampet yang paling penting menjaga keutuhan ,kebersamaan diantara masyarakat jangan sampai punah. Selaku sesepuh Cisitu selalu berpegang teguh kepada Kearipan lokal yang sudah ada secara turun temurun supaya tidak punah , oleh adanya perkembangan jaman . Namun demikian Olot Okri selalu sesepuh Cisitu menambahkan bahwa , walaupun Demikian semua masyakat adat Cisitu selalu mengikuti kaidah kaidah Hukum yang berlaku di negara Indonesia , yang harus di taati oleh masyarakat indonesia, karena kami adalah sebagai warga negara Indonesia.( Wawan Gunawan Kabiro Lebak)