Memprihatinkan, Jalan Kabupaten Penghubung Kecamatan Tegalombo – Bandar Rusak Berat

 33 total views,  1 views today

Pacitan – Jalan jalur utama penghubung antara Kecamatan Bandar dan Tegalombo di Desa Kledung Dan Desa Tegalombo mengalami kerusakan cukup parah. Total jalan kabupaten yang mengalami kerusakan parah itu panjangnya mencapai sekitar lima kilometer. Ironisnya, kondisi tersebut sudah dirasakan warga desa setempat sejak lama.

Walau beberapa waktu lalu ada perbaikan dari BPBD Pacitan melalui Program rekrontruksi paska bencana,namun volumenya hanya 300 meter saja, sementara masih ada 500 meter hingga ke perbatasan Kecamatan Tegalombo masih rusak berat bahkan di Dusun Bari Desa Tegalombo jika musim hujan seperti saat ini mengalami longsor dan susah di lewati.

Kerusakan akses jalan tersebut berdampak pada perekonomian warga, karena kendaraan roda empat yang mengangkut hasil bumi milik warga tidak bisa melintas, selain itu akses ke Kecamatan bandar dari Desa Kledung lebih dekat 10 km ketimbang melalui jalan Arjosari – Bandar. Selain itu karena rusaknya jalan tersebut yang melintas harus selalu ekstra berhati-hati dan dengan kondisi seperti itu sering terjadi kecelakaan.

‘’Selain rusak parah, karena kondisi wilayah yang geografisnya berbukit. Ketika sudah turun hujan, lubang-lubang dan gelombang di jalanan itu sangat membahayakan,bahkan saat ini ada longsoran yang menutup jalur itu, Dan untuk bisa di lewati kembali kami masyarakat bersama-sama PSHT akan bergotong royong membersihkan matrial longsoran yang menutup jalan tersebut agar bisa dilewati,”ujar kepala Desa Kledung Sigit Susilo Hadi kepada pewarta, Rabu (15/01/2020).sore

Sedangkan usulan perbaikan jalan yang disampaikan pihak pemerintah desa kerap menemui jalan buntu alias tidak terealisasi. Nyatanya, hingga kini jalan penghubung dua Kecamatan tetap saja rusak.

‘’Sudah berulang kali mengusulkan, bahkan di musrenbang itu merupakan prioritas utama, namun hingga kini belum ada realisasinya,’’jelasnya.

“Jika Pemerintah Daerah tidak mengetahui kalau jalan tersebut rusak, itu tidak masuk akal, karena sering jalur itu di lalui para pejabat Pemkab jika akan berkunjung ke Kecamatan Bandar, Padahal di wilayak Kecamatan Bandar, Desa Kledung untuk Pembayaran PBB selalu nomor satu, namun hak masyarakat tidak di imbangi dengan infratuktur yang baik,”imbuhnya.

Sementara itu secara terpisah Camat Tegalombo Erwin Andriatmoko, S.STP, MM membenarkan jika jalur Tegalombo – Bandar yang merupakan jalur penghubung dua Kecamatan tersebut rusak berat, dan itu berlangsung sudah dari beberapa tahun lalu, Karena itu jalan Kabupaten pihaknya hanya bisa mengusulkan saja sementara semua kebijakan ada di pemkab Pacitan.

“Memang benar jalur penghubung utama dari Kecamatan Tegalombo – Bandar via Kledung sepanjang kurang lebih 5 km tersebut rusak parah, dan ini sudah terjadi dari sebelum saya di sini, Kita akan selalu usulkan untuk perbaikan,namun semua kebijakan ada di Pemerintah Kabupaten,”ujar mantan Camat Punung tersebut.

“Kita berharap Pemkab bisa segera membenahi jalan tersebut,karena jalur itu merupakan satu-satunya akses terdekat dari Pasar Tegalombo ke Kecamatan Bandar, jika tidak segera di benahi maka akan menganggu lajunya perekonomian masyarakat dua Kecamatan,”tandasnya.

Sedangkan pihak PUPR Pacitan hingga kini belum bisa di konfirmasi terkait rusaknya jalan Kabupaten tersebut, dengan alasan pejabat yang berwenang selalu tidak ada di tempat.(tyo)