Berita  

Wagub Chusnunia Evaluasi Kabupaten Layak Anak & Anugerah Parahita Ekapraya & GERMAS serta Tanggamus Bebas Stunting

Tanggamus – Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia, dalam Rangka Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA), Anugrah Parahita Ekapraya (APE), GERMAS Dan Tanggamus Bebas Stunting. Acara berlangsung di Banjar Manis Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Kamis (16/01/2020).

Turut hadir Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., DPRD Provinsi dari Fraksi PKB Azuwansyah, Forkopimda Kabupaten Tanggamus, Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Se-Kabupaten Tanggamus, ketua TP-PKK dan tamu undangan.

Bupati Kabupaten TanggamusHj.Dewi Handajani, SE,MM., dalam sambutannya menyatakan kebahagiaannya atas kehadiran Wakil Gubernur Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus dalam rangka Roadshow.

”Kami sangat bahagia karna ibu bersedia datang ke Kabupaten Tanggamus dalam beberapa Agenda, pertama Germas, dan tadi pagi kita bersama-sama melaksanakan senam sehat, dan warga Kabupaten Tanggamus sangat antusias sekali mengikuti senam bersama ibu, ”ucap Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM.

Selain Germas, ada pasar murah, yang sangat membantu bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus, terutama ditengah-tengah harga bahan pokok yang melambung tinggi, dengan ada pasar murah dengan harga terjangkau dan mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan masyarakat meski tidak secara keseluruhan. Termasuk display hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kemudian hasil perkebunan dari Kabupaten Tanggamus yang terkenal dengan kopinya, sebetulnya masih banyak sekali dari UMKM Kabupaten Tanggamus namun karena keterbatasan tempat, jadi hanya beberapa saja sebagai sampel dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Tanggamus. Selain itu ada juga hasil UMKM kerajinan dari masyarakat disabilitas atau difabel yang kita berikan pendampingan dan pembinaan sehingga mereka memiliki keterampil, “ungkap Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM.

Sementara Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia, dalam sambutannya menyampaikan untuk persiapan, Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA), Anugrah Parahita Ekapraya (APE), Kemudian GERMAS Dan Tanggamus Bebas Stunting dan Lampung Bebas Sunting.

“Semua ini kita lakukan karena satu sama lain saling berkaitan, disamping pola kehidupan dan pola hidup sehat. Dan terima kasih sudah menyelenggarakan kegiatan ini, dan ini hari kedua dari kegiatan Workshop di Kabupaten Tanggamus Selamat Semoga Sukses, “kata Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia.

“Workshop ini merupakan kegiatan pelaksanaan tugas yang diamanahkan Gubernur Provinsi Lampung, yang perlu diumumkan kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung, ini menjadi Daerah yang aman, dan layak anak tumbuh kembang dan terlindungi dan sebagainya. Tentunya kita bisa mewujudkan hal tersebut

“Kabupaten Tanggamus menurut penilayannya sudah maksimal, dan tinggal sedikit lagi, saya kemaren sudah ceritakan Kabupaten Lampung Utara, didalam data belum punya Sekolah Ramah Anak, ternyata sudah ada. Mungkin disini perlu ada sentuh-sentuhan sedikit ditambah kalau ada kekurangan dan Insya Allah di tahun 2020 Kabupaten Tanggamus bebas Kabupaten Layak Anak (KLA), “harap Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia.

“Harapan 33 Desa yang terkena Stunting harus ODF ditahun 2021, tidak hanya tugas Dinkes, Dinas PU juga harus turun tangan, PMD juga turun tangan, Dana Desa (DD) yang bisa bikin bor dan sebagainya, harusnya 100% Desa, kenapa bold hanya 55 ribu, 70 ribu juga dapat yang agak bagusan yang penting disemenisasi tertutup dan tidak dimasuki lalet, sudah kita hitung 600-700 sudah bisa, jadi cukup, harusnya sudah ODF 33 Desa tersebut, “pungkas Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia. (AWPI/Heri Apriyanto).