Masyarakat Serdang Bedagai Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

oleh -31 views

Sergai (GINewstvinvestigasi. com) – Masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara diminta agar selalu waspada terutama dengan kondisi iklim yang tidak menentu, khususnya masyarakat yang bermukim di dataran rendah dan dan dekat dengan aliran sungai.

“Cuaca yang tidak menentu harus diwaspadai oleh masyarakat karena rentan terjadinya bencana alam,” kata Sekda Sergai HM Faisal Hasrimy di Seirampah, Kamis.

Ia mengatakan selaku jajaran pemerintahan, pihaknya berharap kesiapsiagaan menghadapi bencana alam haruslah dengan sungguh-sungguh dalam menanggulangi jika terjadi bencana di wilayah Sergai.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait yang bekerja keras dan bekerjasama sekaligus terlibat dalam penanggulangan penanganan bencana di daerah ini,” katanya.

Sementara Kapolres Sergai AKBP Robinso mengatakan terdapat tiga tahap hal-hal yang perlu diketahui yakni prabencana yaitu dalam situasi tidak terjadinya bencana dan dalam situasi terdapat potensi terjadinya bencana dengan cara melaksanakan kesiapsiagaan peringatan dini dan mitigasi bencana.

Selanjutnya yang kedua tanggap darurat yakni penyelenggaraan penanggulangan bencana saat tanggap darurat meliputi pengkajian secara cepat dan tepat terhadp lokasi, kerusakan dan sumber daya, penentu status keadaan darurat bencana, penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana.

Selanjutnya pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan terhadap kelompok rentan, pemulihan prasarana dan sarana vital.

“Sedangkan yang ketiga pasca bencana yakni penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekontruksi,” katanya.
(Sutrisman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *