Berita  

Pupuk Semangat Nasionalisme, Satgas Pamtas Yonif R 142/Kj Berikan Materi Bela Negara Kepada Siswa-Siswi SMP Negeri Sadi

Belu, – ginewstvinvestigasi.co.id, Untuk meningkatkan semangat Nasionalisme kepada generasi penerus Bangsa, personel Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pembekalan tentang Bela Negara kepada siswa-siswi yang sedang menuntut ilmu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Sadi yang berada di Desa Sadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan ini dalam rangka menumbuh-kembangkan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa di masa yang akan datang,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua (30/1/2020).

“Sekaligus memberikan ilmu pengetahuan tentang Bela Negara dalam rangka membentengi diri generasi penerus Bangsa dari pengaruh Negara luar dihadapkan pada perkembangan teknologi global saat ini,” paparnya.

Kegiatan pembekalan Bela Negara yang dilaksanakan oleh personel Pos Asulait kepada siswa-siswi SMP N Sadi merupakan salah satu wujud kepedulian Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa yang berada di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

“Kegiatan pembekalan Bela Negara tersebut dipimpin langsung oleh Serda M. Reza Firdaus selaku Wadanpos Pos Asulait bersama 5 orang personel Pos Asulait lainnya,” tegas Dansatgas lebih lanjut.

Pengaruh globalisasi dikemudian hari dilhawatirkan akan dapat mempengaruhi pola pikir pemuda-pemudi Indonesia, sehingga akan berdampak pada lunturnya jiwa Nasionalisme dan semangat juang generasi penerus Bangsa.

Hal ini telah terlihat pada lunturnya sebagian budaya tradisional yang dimiliki Bangsa, akibat dari pengaruh globalisasi dan perkembangan zaman serta teknologi saat ini.

“Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat diharapkan siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa akan dapat memperkokoh berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bangsa Indonesia,” imbuhnya Letkol Inf Ikhsanudin.

“Mereka akan memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat dalam menghadapi pengaruh-pengaruh asing, yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan Negara dan Bangsa Indonesia dimasa mendatang,” harap Dansatgas.

Di tempat yang sama, Bapak Alex (40) selaku Kepala Sekolah di SMP Negeri Sadi menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan pembekalan ilmu pengetahuan tentang Bela Negara kepada anak didiknya selaku generasi penerus Bangsa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI khususnya yang berada di Pos Asulait, mereka telah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik kami tentang Bela Negara, semoga segala sesuatu yang telah diberikan akan dapat bermanfaat bagi mereka dikemudian hari,” ungkapnya.

Terpisah, Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait menyampaikan pendapatnya atas kegiatan pembekelan Bela Negara yang telah dilakukan oleh personelnya di SMP Negeri Sadi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama para guru-guru SMP Negeri Sadi yang telah terjalin dengan sangat baik selama ini, dan kami juga mengucapkan terima kasih atas semangat yang ditunjukkan oleh siswa-siswi di SMP Negeri Sadi pada saat berlangsungnya kegiatan,” tandasnya. (penremgapu) Rep : mansyur