Berita  

Ratusan Ijazah SD Dan SMP Dimusnahkan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan

Pacitan – Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pacitan membakar sekitar 300 lembar ijazah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang tidak digunakan lagi. Pemusnahan ijazah tersebut dilaksanakan di halaman belakang kantor Disdik setempat.

Blangko ijazah ini adalah sisa blangko tahun 2019. Selain itu ada juga blangko yang cacat dan salah tulis.Tujuan pembakaran ini, untuk menghindari penyalahgunaan. Juga sebagai syarat untuk bisa mendapatkan blangko baru di tahun 2020

“Memang begitu prosedurnya,Semua harus dibakar. Supaya bisa mengajukan blangko baru ke pusat,” kata Daryono Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan usai acara pemusnahan ijazah, Jum’at (31/01/2020).

Dalam pemusnahan blanko itu juga, jelasnya, dihadiri perwakilan Polres Pacitan, serta disaksikan Kepala Bidang Pendidikan SD dan Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Pacitan, Pemusnahan blangko ini dibuatkan berita acara. Ditandatangani oleh Dinas Pendidikan dan perwakilan dari kepolisian.

“Pemusnahan ini menjadi komitmen instansi kami untuk transparansi agar ke depan hal yang tidak diingini jangan sampai terjadi, dan semua ada regestrasi ijazahnya,jika ini di musnahkan maka menghindari adanya Ijazah Aspal (Asli tapi Palsu),”tambah Daryono.

“Dan setiap tahun selalu kami lakukan pemusnahan ijazah ini, Untuk nilai blangko yang dibakar ini tidak diketahui. Karena semua pengadaan dan pendanaan dilakukan Kementerian Pendidikan,Kami tingal terima saja,”pungkasnya.(tyo)