Berita  

Antisipasi Karhutla, Kodim 0104/Atim Gelar Sosialisasi

Global investigasi news co.id Langsa-Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, Kodim 0104/Aceh Timur menggelar sosialisasi kepada masyarakat agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) saat dikonfirmasi oleh awak media dikantornya, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Rabu (05-02-2020).

Dandim mengatakan bahwa, kegiatan sosialisasi Karhutla disusun dalam agenda loka karya pengontrolan hutan dan lahan tahun anggaran 2020 dan mendukung mengedukasi masyarakat mengenai fungsi hutan.

Fungsi hutan dan lahan untuk keseimbangan lingkungan harus selalu kita sosialisasikan kepada masyarakat, agar bencana tanah longsor maupun banjir dapat dicegah sejak dini. Peran masyarakat dan kesadaran kita semua untuk menjaga kelestraian alam dan lingkungan, dan ini harus selalu diedukasi kepada masyarakat, “ujar Dandim.

Ditempat terpisah Danramil 09/Nurussalam Kapten Inf Noverlan memberikan sosialisasi Karhutla pada masyarakat Kantor Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur. Yang diikuti sekitar 50 orang, diantaranya Muspika, Geuchik dan masyarakat.

Saat memberikan sosialisasi Danramil mengatakan, guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sangat penting diperlukan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan, oleh karena itu TNI juga berkewajiban mengedukasi masyarakat mengenai hutan bagi keseimbangan lingkungan, “katanya.

Lanjutnya, adanya lokasi yang terbakar pada lahan perkebunan, dikarenakan masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap Karhutla, belum terorganisirnya tim terpadu yang mengelola Karhutla serta fasilitas dan anggaran yang terbatas, ”imbuh Danramil.

Ia juga berharap, agar hutan pertanahan yang sudah baik dapat terus dibuka dan dijaga kelestariannya agar tidak menimbulkan bencana, “tandasnya.(E)