Berita  

Rembuk Tani di Kampung Panca Negeri Kecamatan Blambangan Umpu

WAYKANAN LAMPUNG. Rembuk Tani di Kampung Panca Negeri Kecamatan Blambangan Umpu Selasa 04 Februari 2020Sambutan.tertulis Bupati Raden Adipati Surya Sungguh suatu kebahagian bagi saya bisa hadir ditengah-tengah para petani di Kampung Panca Panca Negeri Kecamatan Blambangan Umpu pada hari ini. Kunjungan-kunjungan hingga ke kampung-kampung merupakan bentuk kecintaan saya dengan masyarakat. Banyak hal yang bisa kudapat dari kunjungan ini, bisa melihat secara langsung keadaan masyarakat Way Kanan.
Tentu tidak cukup duduk di meja hanya menerima laporan dari bawahan saja. Melalui silaturahmi dan Rembuk Tani seperti ini, dapat melihat permasalahan-permasalahan masyarakat dan melakukan langkah terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Berbagai program–program pembangunan yang telah kita lakukan selama ini sesuai visi Way Kanan Maju dan Berdaya Saing. Baik itu pembangunan dibidang infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, UMKM dan sebagainya. Keberhasilan kita dalam melaksanakan pembangunan terbukti pada tahun 2018 lebih dari dari 23 penghargaan yang kita raih.
Pada tahun 2019 ini kembali beberapa program unggulan yang kita laksanakan yang juga meraih sejumlah penghargaan. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan, diantaranya:

  1. Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu;
  2. Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan telah diapresiasi dengan penghargaan Adipura Katagori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.
  3. Berhasil menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 22 Maret 2019,
  4. Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai menggeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.
  5. Menerima WTP untuk ke-9 kalinya.
  6. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu.
  7. Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Way Kanan, bertempat di auditorium Swabessy gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, tanggal 2 Okteber 2019.
    Selain pembangunan sesuai dengan visi dan misi, Pemerintah Kabupaten Way Kanan juga memperhatikan terhadap pembangunan pada sektor keagamaan sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah atau akhlak mulia. Memberikan insentif pada guru ngaji, melaksanakan MTQ baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.
    Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan “Way Kanan Mengaji” terutama untuk siswa sekolah menengah. Kami juga memberikan perhatian serius dibidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial.
    Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya dan Bapak DR. Drs. Edward Antony, MM selaku Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan mohon doa dari Bapak-bapak, ibu-ibu hadirin sekalian, supaya kami diberi kesehatan dan panjang umur sehingga dapat memimpin Pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan.tuturnya. (**/RAHMAN,)