Berita  

Bupati Simeulue Resmikan PKM dan Pasar Rakyat Desa Luan Balu

 25 total views,  1 views today

Simeulue|| Ginewstvinvestigasi.co.id|| Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH.,S.Ag., M. I. Kom hari ini resmikan Puskesmas Luan Balu dan Pasar Rakyat Desa Luan Balu di Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue.

Peresmian Puskesmas sekaligus peresmian Pasar Rakyat Kecamatan Teluk Dalam dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Simeulue, Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue dan seluruh Unsur Muspika Teluk Dalam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Asludin, SE.,M.Kes dalam laporannya menyampaikan yang mana puskesmas luan balu ini telah terdaftar di kementerian kesehatan sehingga jangan ragu dalam melakukan tugas nya dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Beliau juga menambahkan yang mana di Puskesmas ini memiliki tenaga kesehatan sebanyak 11 orang merupakan ASN, dan 34 orang merupakan tenaga kontrak sehingga dengan total tenaga medis 45 orang insya allah akan sangat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, diselah itu juga kadis kesehatan menyampai permintaan kepada pemerintah daerah melalui bupati simeulue kiranya agar dapat mempriortitas tambahan armada ambulance untuk puskesmas luan balu kecamatan teluk dalam karena yang ada saat ini hanya memiliki 1 unit armada ambulance, dan untuk tingkat fasilitas kesehatan baru mencapai sekitar 60 persen terpenuhi, kiranya untuk kedepan bapak bupati simeulue dapat memprioritaskannya terutama sekali pembangunan rumah dinas puskesmas.

Wilayah Kecamatan Teluk Dalam terdiri dari dua Mukim yaitu Mukim Tala Bano dan Mukim Tete Bano, Kecamatan ini tergolong sangat luas dengan bentuk wilayah terbagi dua dengan dibatasi gunung sebagai batas mukim, maka dari itu pelayanan terhadap masyarakat khususnya di bidang kesehatan perlu di tingkatkan mengingat jarak tempuh antar puskesmas yang terdapat di pusat Kecamatan tepatnya di Desa Kuala Bakti terbilang sangat jauh jarak tempuhnya dan harus melewati medan jalan yang begitu sangat rawan terhadap longsor hal ini di sampaikan oleh camat teluk dalam Aidil JL, SE.

Maka dari itu pembangunan Puskesmas di desa Luan Balu ini sangat membantu masyarakat khususnya di bidang kesehatan, terlebih pelayanan terhadap masyarakat yang sifatnya darurat, lanjut Camat Teluk Dalam itu.

Sementara itu Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom dalam arahannya menyatakan, dengan telah terbangunnya sarana pelayanan kesehatan masyarakat berupa puskesmas yang hari ini sudah tersedia sejumlah empat belas unit yang tersebar di dalam wilayah kabupaten kita, saya berharap sebagai tempat pelayanan dasar harus berfungsi dengan semaksimal mungkin, ujar Bupati.

Selain itu Bupati menghimbau kepada seluruh jajaran dinas kesehatan untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, petugas kesehatan harus mengevaluasi kesehatan masyarakat di setiap desa, ungkapnya.

Selain pelayanan masyarakat dibidang kesehatan, Bupati juga menekankan pelayanan masyarakat di mulai dari tingkat kecamatan sampai desa, jelasnya.

Terkait peresmian Pasar Rakyat Bupati berharap, dengan hadirnya bangunan tersebut kiranya dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian khususnya di desa Luan Balu ini dan sekitarnya.

Bupati Simeulue juga telah mencanangkan program pasar minggu disetiap kecamatan dimana pasar ini nantinya semua masyarakat akan mengais rezeki yang berlimpah ruah dari hasil yang dijajakan pada saat pasar minggu ini dimulai, mulai dari masyarakat yang menjual kue, ubi, pisang dan lainnya. Sehingga perputaran uang masyarakat simeulue tetap berputar disekitar kita. Tutupnya.

SML||SN17022020
Kabiro GINews SML [hel]