Berita  

Kabupaten Asahan Ikut Program PSM Yang Digelar Tanoto Foundation

 29 total views,  1 views today

Kabupaten Asahan Ikut Program PSM Yang Digelar Tanoto Foundation

Asahan – Kabupaten Asahan yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kakan Kemenag Asahan mengikuti acara provincial stakeholder Meeting (PSM) yang digelar oleh Tanoto Foundation

Kegiatan yang mengambil tema membangun dan merencanakan model diseminasi dengan lebih baik di tahun 2020 dilaksanakan di Hotel Grand Inna Medan, Selasa (18/2).

Kadisdik Kabupaten Asahan Drs. Sopian menyebutkan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan akan melakukan diseminasi atau pengimbasan program pintar dan program MBS kepada sekolah-sekolah lain di luar sekolah Mitra yang telah bekerjasama dengan Tanoto foundation dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Asahan.

“Pemkab Asahan siap mendukung dan melaksanakan program untuk mencerdaskan anak bangsa di Asahan. Bentuk keseriusan ini dibuktikan dengan adanya dukungan anggaran,” ucap Sopian.

Sementara itu, District Coordinator Program pintar Tanoto foundation Kabupaten Asahan, Aswir Purba mengatakan kegiatan ini sangat positif bahkan capaiannya melebihi dari yang sudah direncanakan sebelumnya.

Beberapa daerah sudah melaksanakan diseminasi dengan model yang baik, ada yang menggunakan sumber dana sekolah (BOS) atau menggunakan dana pribadi (tunjangan profesi guru). Namun demikian setiap daerah mempunyai strategi yang berbeda, baik dalam menyerap sumber dana atau mengembangkan model diseminasinya.

Aswir menjelaskan daerah mitra mempunyai rencana tindak lanjut untuk memastikan tercapainya kualitas program dan setiap daerah mitra memiliki perencanaan perluasan program PINTAR melalui anggaran pemerintah daerah maupun sumber lain yang sah.

Kemudian setiap daerah mitra dapat memetakan strategi yang efektif, efisien untuk diseminasi program PINTAR Setiap daerah dapat menemukan berbagai alternatif pendanaan untuk diseminasi.

“Dinas Pendidikan dan Kemenag ke depan Diharapkan memiliki rencana dan strategi diseminasi program PINTAR di Kabupaten Asahan,”ucap Aswir, sembari mengatakan kegiatan dipandu oleh Ir. Hendarman, Plt. Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud Merdeka Belajar dan kesesuaian program PINTAR dalam mendukungnya.(Sugenk/Bima)