Berita  

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bekerjasama Dengan SMP Negeri Silawan Gelar Bhakti Sosial Khitanan Massal

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bekerjasama Dengan SMP Negeri Silawan Gelar Bakti Sosial Khitanan Massal

JAMBI,- ginewstvinvestigasi.com, – Rasa kepedulian TNI terhadap kesehatan generasi penerus Bangsa yang ada di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bekerjasama dengan SMP Negeri Silawan gelar Bakti Sosial kesehatan khitanan massal di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, NTT, Minggu (8/3/2020).

“Bakti Sosial merupakan salah satu wujud kegiatan dengan mengutamakan rasa kemanusiaan antar sesama manusia, kami dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif Raider 142/kj telah mewujudkannya melalui kerjasama dengan SMP Negeri Silawan untuk membantu meringankan beban bagi masyarakat melaksanakan Khitanan,”ujar Dansatgas.

“Terkumpul 38 orang data anak-anak yang mengikuti kegiatan khitanan massal dan ini merupakan hasil dari tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan Satgas berupa kegiatan anjangsana yang dilakukan oleh Pos Silawan untuk mensosialisasikan kegiatan khitanan massal gratis kepada seluruh masyarakat yang berada di sekitar pos,” ujarnya.

“Alhamdulillah kegiatan khitanan massal ini mendapat dukungan dari pihak sekolah, InsyaAllah dengan bekerjasama dan izin Nya bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Dansatgas.

Dirinya berharap, semoga kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi guna memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat di perbatasan RI-RDTL.

Sementara itu, Letda Ckm dr. Diggivio , Dokter Kesehatan Satgas menjelaskan bahwa manfaat khitan sangat baik untuk kesehatan karena dapat mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV dan Khitan juga berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik, khususnya yang berkaitan dengan kotoran air seni atau air kencing,” tuturnya.

Selain itu, juga lebih banyak menjangkau kaum dhuafa atau masyarakat tidak mampu. Sebab, biaya untuk khitan memerlukan biaya yang cukup mahal.

“Baksos ini dapat menjangkau masyarakat yang kurang mampu karena kalau sunat di tempat luar, tentunya biayanya sangat mahal,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, Oliver (14) salah satu siswa kelas VIII SMPN Silawan yang mengikuti kegiatan Bakti Sosial kesehatan berupa khitanan massal tersebut mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya personel Pos Silawan.

“Terima kasih banyak bapak TNI yang telah memberikan bantuan berupa sunat gratis kepada saya, saya sangat senang dan terbantu sekali,” tandasnya.(Mansyur)

(penremgapu)