Berita  

RADIUM HALIS KADIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA MENDAPAT PUJIAN DARI PETANI KERINCI

RADIUM HALIS KADIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA MENDAPAT PUJIAN DARI PETANI KERINCI

Kerinci – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci, Rabu (11/03/2020) menyerahkan kartu tani serta mengadakan kegiatan sosialisasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) bertempat di Aula Kantor Bupati Kerinci.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Radium Halis mengatakan ada 3 kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini, yakni Penyerahan Kartu Tani, Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), Serta Sosialisasi tentang Pentingnya petani ikut Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP).

Kepala Dinas TPH mengatakan ada 23 Ribu kartu Tani yang dibagikan kepada petani di Kabupaten kerinci, kartu tani ini sangat penting dimiliki oleh petani. Dengan adanya kartu tani ini pemerintah memilki data yang akurat sehingga pemerintah dapat mengontrol dan memantau dalam pendistribusian pupuk bersubsidi, sehingga pupuk bersubsidi dapat disalurkan tepat sasaran.

Dalam kegiatan sosialisasi progam Kredit Usaha Rakyat (KUR) Radium Halis menambahkan, pada tahun 2020 Kementerian Pertanian RI mengalokasikan dana sebanyak Rp. 50 triliun yang di peruntukan bagi tanaman pangan Rp. 14,23 triliun, Hortikultura Rp. 6,39 Triliun, perikanan Rp. 20,37 triliun, peternakan Rp. 9,01 triliun.

Untuk Kabupaten Kerinci mendapat Rp. 17,459 miliar, terdiri dari tanaman pangan Rp. 9,536 miliar dan hortikultura Rp. 7,923 miliar.

Sekarang petani tidak perlu susah lagi masalah modal usaha di bidang pertanian. Semua jenis usaha seperrti usaha kentang, cabai, tanaman padi dan lain sebagainya bisa di biayai oleh Bank yang di tunjuk oleh kementerian.

Di kabupaten kerinci ada 3 Bank yang mendapat fasilitas Kredit usaha Rakyat (KUR) yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Mandiri. Petani dapat mengajukan kredit usaha tani ke Bank tersebut dengan melengkapi syarat administrasi.

Untuk pinjaman 5 juta s/d 50 Juta Petani dapat mendapat pinjaman KUR tanpa harus mempunyai jaminan, walau demikian Radium mengimbau agar mengajukan Pinjaman sesuai dengan Kebutuhan dan digunakan betul-betul untuk usaha dibidang pertanian.

Salah satu nara sumber dari pihak lembaga keuangan mengatakan, Pinjaman KUR dapat di angsur dengan 2 cara yakni angsuran tiap bulan atau angsuran musiman setelah panen.

Dengan mendengan paparan ini petani kerinci sangat memuji keberhasilan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Kerinci, bahkan petani memberikan apresiasi melalui tepuk tangan yang meriah ketika mendengar sambutan dari Bapak Radium Hallis.

Lebih lanjut Radium mengatakan, AUTP atau Asuransi Usaha Tanaman Padi sangat penting karna jika terjadi kerusakan pada
tanaman padi yang di akibatkan oleh hama, banjir, kekeringan dan juga gagal panen maka Pihak Asuransi akan memberikan ganti rugi kepada petani padi dengan ketentuan menjadi anggota kelompok tani.

Untuk biaya Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) akan di subsidi oleh Pemerintah.

Johari sofwan