Berita  

Pelaku Pengoplos Madu Sintetis di Kota Sukadana Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat Ditangkap

 2 total views,  1 views today

globalinvestigasi.com-Sukadana
Telah terjadi penangkapan 3 dari 5 orang pengoplos madu dengan bahan-bahan yang berbahaya di Kota Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat

2 diantaranya berhasil kabur dan sekarang dalam pengejaran petugas (identitasnya telah di ketahui) dan 3 Tiga sudah di amankan di kepolisian setempat.

Kronologi kejadian “Bukan Pengrebekan” tetapi adanya aktifitas keamanan dan ketertiban yang dilakukan oleh Petugas Polisi Pamong Praja dan Aparat Keamanan Lainya dalam menertibkan rumah kontrakan dan kos-kosan di kota Sukadana

Pada malam itu terjadi hal yang mencurigakan dari aktifitas dalam kos dimana 5 orang penghuni kos kabur pada saat ingin di geledah petugas Satpol PP.

Pada lokasi kejadian terdapat Aktifitas HOME INDUSTRI (Tidak Berizin) dalam Mengolah Madu SINTETIS dimana 5 Orang Penghuni tersebut BUKAN Orang ASLI Daerah tersebut, melainkan pendatang Asal ACEH (sesuai dengan identitas pelaku), yang baru beberapa bulan menyewa rumah kos tersebut.

Dari Barang bukti yang ada Tersita Bahan-bahan yang digunakan dalam Pembuatan MADU SINTETIS antara lain :

1.Beberapa Karung Gula Ravinasi (Gula Pabrik)
2.Estrak Daun Teh (Pewangi dan pewarna)
3.Beberapa Botol Kecap (Sedang diselidiki kegunaanya)
4.Soda Kue (Pembersih/pengental)

Dimana bahan-bahan ini adalah bahan pembuatan Madu SINTETIS (Bukan Madu) kemudian di Pasteurisasi (Dimasak dengan kompor) Oleh Pelaku.

Modusnya Adalah menjual keliling jalanan dan perkantoran dengan memberikan beberapa TESTER madu asli ke konsumen namun ketika masuk dalam Kegiatan transaksi barang yang di beli adalah madu Sintetis yang berbeda dari madu tester yang mereka pegang.

Sindikat ini hampir sama yang terjadi di Entikong, Kab Sanggau, dengan pendatang Asal daerah yang sama, di tangkap di Kos-kosan juga dan di amankan oleh satpol PP juga pada tahun 2015 yang lalu.

Dengan demikian saya MENGINDIKASIKAN bahwa sindikat ini sudah ada dimasing-masing kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, DENGAN BAHAN BAKU YANG SAMA.

Dengan Itu saya MENGHIMBAU Kepada Masyarakat Untuk Waspada terhadap Penjualan Madu yang ada di daerahnya masing-masing.

Dan saya MENGHIMBAU Kepada PEMERINTAH dan PENEGAK HIKUM untuk MENINDAK TEGAS terhadap aktifitas pengoplosan MADU dikalimantan Barat yang dimana dampak terjadi atas penipuan tersebut menjadi dampak yang merugikan kesehatan masyarakat itu sendiri.

Sekian berita acara yang dapat kami sampaikan

Salam Perlebahan Indonesia

Sy.M.Syaifudin,SE.MM (Syaiful Alaudrus)
Angota PRAKTISI LEBAH MADU INDONESIA REGIONAL KALBAR

Sekian dan terima kasih
ILMI Kalbar Melaporkan

Sumber: ILMI Kalbar
KA. Biro Pontianak: Shalihin