Berita  

Acara Puncak Perayaan HUT Kabupaten Toba ke-21

Acara puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Toba ke-21 diselenggarakan Bupati dan Wakil Bupati di Lapangan Sisingamangaraja XII, sabtu, 14 Maret 2020, Kecamatan Balige, yang diikuti jajarannya beserta masyarakat.
Pada perayaan HUT-21 Kabupaten Toba.

Acara ini merangkum kegiatan syukuran atas pergantian nama Kabupaten Tobasa menjadi Kabupaten Toba, acara dimulai pukul 9 pagi.
Pelaksanaan HUT-21 ini dihadiri beberapa pejabat negara, seperti, Edy Rahmanyadi, Gubernur Sumut, Martin Manurung, SE, anggota DPR-RI, Parlindungan Purba, anggota DPD-RI, Jubel Tambunan, anggota DPRD-Provinsi dan seluruh anggota DPRD Kab. Toba.
Selain itu turut hadir juga, Jendral TNI Harangan Sitorus, AKBP Agus waluyo, Sik, Kapolres, mewakili Kodim 0210/TU, Mayor Arm Ojak Simarmata, Robinson Sitorus, Kajari, Paul Marpaung, SH.MH, Ketua pengadilan, Alfon Simanjuntak, Kepala PPH MIGAS dan para mantan Bupati, Drs Sahala Tampubolon, Drs. Monang Sitorus dan Kasmin Simanjuntak.
Dalam pelaksanaan acara tersebut, Pemkab memberi apresiasi dan sebuah penghargaan terhadap orang-orang yang berhak dengan cara nuansa acara adat batak, salah satu tokoh pemrakarsa Kabupaten Tobasa, seperti Drs Sahala Tampubolon dan juga para mantan bupati yang telah berjuang memberikan kontribusi/ jasa untuk membangun kabupaten Toba.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara beserta rombongan tiba dilokasi lapangan sisingamangaraja sekitar pukul 12.03, dengan disambut oleh pimpinan adat dan diiringi tarian “martumba” oleh para pelajar yang berpakaian adat batak.

Prosesi acara penyambutan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara kenegaraan, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dalam sambutan bupati, menjelaskan selama kurun waktu kurang lebih 4 tahun, pemkab sudah berprestasi pada segi penuntasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dimana setiap tahunnya ada peningkatan dan bupati mengucapkan selamat datang kepada semua undangan.
Lagi bupati bèrharap, agar seluruh anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD-SU beserta seluruh elemen masyarakat dapat selalu solit terhadap perkembangan kemajuan Kabupaten Toba dalam memberi saran, sasaran dan bantuan dana, pintanya.
Sementara itu, DR Tumpak Haposan Simanjuntak, Irjen Kemendagri menerangkan, hal-hal peraturan, dimana pemerintah pusat berjanji siap berkoordinasi untuk membina dalam membantu menyesuaikan, menyusun maupun mengaplikasikan peraturan.
Menurut, Martin Manurung, anggota DPR-RI, menjelaskan, pergantian nama Kabupaten ini harus selalu didukung dan diperjuangkan demi kemajuan pembangunan Kabupaten Toba.
Terimakasih kepada seluruh elemen yang telah mau berjuang dalam mendukung pergantian nama kabupaten tersebut, ucapnya.

Hal serupa disampaikan, Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatra Utara, mengatakan masyarakat harus bisa menghujudkan dan mampu menjaga sumatera utara menjadi provinsi yang tangguh.

Dilokasi acara, pengunjung memadati semua tempat stand milik dinas maupun kecamatan yang memamerkan hasil bumi maupun juga pembangunan dari masing masing daerahnya. (Ams)