Berita  

Program Bimtek Aplikasi Informasi Teritorial Tim Siskaminfo Satintelter Pusterad di Makodim 0115/Simeulue TA. 2020

Program Bimtek Aplikasi Informasi Teritorial Tim Siskaminfo Satintelter Pusterad di Makodim 0115/Simeulue TA. 2020

Simeulue|| Ginewstvinvestigasi.co.id|| Dandim 0115/Simeulue a.n Letkol Inf Yogi Bahtiar,S.Kom.M.B.A.sambut kedatangan Tim Bimnis Pusterad di Kodim 0115/Simeulue desa Amaiteng, Kec. Simeulue Timur Kab.Simeulue.

Kegiatan kunjungan tersebut dipimpin oleh Letkol Arh.Yudia.S,SI.M.,SI Pusterad beserta Serda wahyudi yang disambut langsung oleh Dandim 0115/Simeulue yang diwakili oleh pasi pers dim 0115/Simeulue Kapten.Inf Samsul beserta perwira staf.

Dandim menuturkan acara kegiatan bimbingan teknis dari Pusterad tersebut berlangsung di Aula makodim 0115/Simeulue. Ketua Tim bimnis menerima paparan dari Perwira tertua tentang dislokasi Koramil dan Pos Ramil, komposisi masyarakat yang berada di sekitar kodim 0115/Simeulue , kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang kegiatan teritorial yang telah dilakukan oleh Dandim 0115/Simeulue.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Tim Bimnis dari Pusterad beserta tim yang telah bersedia datang mengunjungi kami Di kodim 0115/Simeulue, semoga kunjungan dan arahan dari tim dapat bermanfaat dan menjadi acuan bagi kami dalam pelaksanaan tugas khususnya terkait dengan tugas yang berhubungan dengan Pembinaan Teritorial”, tegasnya.

Sementara itu Letkol Letkol Arh Yudia S,SI.M.,SI sebagai ketua tim dalam pengarahannya mengatakan bahwa Pembinaan Teritorial atau binter merupakan Fungsi Utama Angkatan Darat sebagai tugas pokok. Sasaran Pembinaan Teritorial adalah mewujudkan RAK Juang yang tangguh dan Kemanunggalan TNI-Rakyat untuk Kepentingan Pertahanan Negara. Prajurit harus memahami dan menguasai benar hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Binter. “Dalam pelaksanaan Binter, harus dapat mengimplementasikan Sikap Teritorial yang antara lain senyum, salam, sapa, tidak arogan atau sombong, saling menghargai dan kompak, saling membantu atau berbagi, gotong royong, tidak melanggar agama, adat dan hukum, penyesuaian diri dan menyatu dengan rakyat”, ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa Kegiatan Binter harus diawaki oleh personil yang tentunya harus mengerti dan paham tentang kemampuan Binter dan metode Binter yang meliputi kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos), Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Bakti TNI, serta mampu mengaplikasikan Sikap Ter, 5 (lima) Kemampuan Ter, Sisrendal Binter. Para prajurit dimedan tugas juga dituntut mampu dan mahir dalam mengaplikasikan ke tiga Metode Binter tersebut di masing-masing wilayah yang menjadi tanggung jawabnya yang tentunya mempunyai corak dan ciri yang berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Tim bimnis sangat mengapresiasi kegiatan Teritorial yang dilaksanakan kodim 0115/Simeulue karena dinilai telah sesuai dengan tujuan dari kegiatan Teritorial itu sendiri. Sebelum mengakhiri kunjungannya, Ketua tim bimnis berpesan kepada Personil kodim 0115/Simeulue agar selalu ramah kepada masyarakat , namun juga harus tetap tegas dalam bertugas.

“Khusus Pembinaan Teritorial agar dilaksanakan dengan baik, rebut hati dan pikiran rakyat, bantu semua kesulitan rakyat di daerah pulau ini agar terwujud kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai pengabdian kita sebagai Prajurit kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tuturnya. [hel]