Berita  

Antisipasi Convid-19, Kapolsek Talang Padang Bersama Koramil & APPSI Sosialisasi di Pasar

Antisipasi Convid-19, Kapolsek Talang Padang Bersama Koramil & APPSI Sosialisasi Di Pasar

Tanggamus – Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom., terjun langsung mensosialisasikan pencegahan dan antisipasi Covid-19 atau Virus Corona di Pasar Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus, Rabu (18/03/2020).

Dalam kesempatan bersama personelnya, Koramil, UPT Pasar Talang Padang dan APPSI terlebih dahulu melaksanakan kegiatan bersih-bersih Pasar Talang Padang Kabupaten Tanggamus, dilanjutkan sosialisasi pencegahan Virus Corona menggunakan pengeras suara berkeliling pasar.

“Menghadapi Virus Corona, hal yang perlu dilakukan masyarakat, adalah tetap tenang, tidak perlu panik, hati-hati boleh namun jangan panik, panik hanya menimbulkan permasalahan baru yang berakibat lebih buruk dari seharusnya, “kata Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu.Khairul Yassin Ariga, S.Kom., kepada masyarakat di pasar Tradisional Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.

Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu. Khairul Yassin Ariga, S.Kom., bahwa nyatanya di Indonesia 80% penderita corona telah sembuh sepenuhnya semenjak dirawat, sisanya 18 persen masih dalam perawatan dan 2 persen meninggal dunia, dan yang meninggal dunia ini perlu digaris bawahi adalah orang-orang yang memang sudah punya penyakit bawaan sebelumnya dan berumur diatas 60 tahun.

“Untuk dipahami karakter
virus corona menular lewat mata, hidung, dan cairan batuk atau bersin,
artinya kontak fisik diupayakan diminimalkan, serta benda-benda, sehingga benda tersebut diupayakan penyemprotan desinfektan, “sambung Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu.Kharul Yassin Ariga, S.Kom.

Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu.Kharul Yassin Ariga, S.Kom., menghimbau agar masyarakat menjaga pola hidup sehat,
berolah raga menjaga kebugaran karena berdasarkan riset WHO orang yang kondisi fisiknya sehat sangat kecil kemungkinan untuk menjadi korban meninggal dunia.
“jaga kebersihan lingkungan, cuci tangan tujuh langkah dengan sabun/ atau alkohol jika sabun tidak tersedia.

Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu.Khairul Yassin Ariga, S.Kom., juga menyampaikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan yakni masyarakat tidak boleh berasumsi
flu, batuk pilek dan demam belum tentu corona, sebab hanya laboratorium berstatus BSL4 yang bisa menentukan suspect corona

Kemudian, masyarakat agar tidak menimbun bahan makanan, serta obat dan masker. Sebab hal itu hanya menimbulkan permasalahan lebih besar, harga meroket dan semua jadi susah.

Lalu, tidak menyebarkan Info di Medsos terkait corona yang belum dapat dipastikan kebenaran dan sumbernya. Sebab UU ITE menanti pelaku penyebaran berita bohong yang menimbulkan keresahan di masyarakat

“informasi yang dapat disampaikan bahwa sampai dengan saat ini di Kabupaten Tanggamus, tidak ada suspect terjangkit virus corona, “tegas Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu.Kharul Yassin Ariga, S.Kom.

Untuk diketahui, kegiatan itu melibatkan seluruh personel Polsek Talang Padang Polres Tanggamus, dimulai pada pukul 08.00 wib dan berakhir pada pukul 10.00 Wib berlangsung Aman dan Kondusif. (AWPI/Heri Apriyanto).