Berita  

Bupati Apresiasi Pusksesmas Bangko Bimbing Pasien Cuci Tangan

·Cegah Corona, Sediakan Wastafel di Depan Pintu Masuk

Bangko-Guna mengefektifkan himbauannya untuk sering mencuci tangan pencegahan virus Corona, Bupati Merangin H Al Haris sangat mengapresiasi kinerja Puskesmas Bangko.

‘’Memang tidak semua orang bisa mencuci tangan dengan baik dan benar. Bagus Puskesmas Bangko, mengajarkan kepada setiap calon pasiennya cara mencuci tangan yang baik dan benar,’’ujar Bupati.

Diakui Kapus Bangko dr Asril Naibaho, kalau setiap calon pasien itu tidak semuanya dalam kondisi steril ketika mau berobat. Untuk itu disediakan tempat dan dibimbing cara pencuci tangan yang sehat, sehingga terhindar dari berbagai kuman.

‘’Kita telah sediakan wastafel untuk para setiap calon pasien di depan pintu masuk ke Puskesmas Bangko. Disitu kami tempatkan tim pembimbing, bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar,’’ujar dr Asril Naibaho.

Diharapkan dokter yang telah memimpin sejumlah puskesmas di Merangin ini, setelah melakukan cuci tangan dengan baik dan benar, para calon pasien akan steril dan sudah diperbolehkan masuk ke Puskesmas Bangko untuk berobat.

Terpisah, drg Jenny Tarigan ketua tim pembimbing cuci tangan Puskesmas Bangko, mengakui banyak calon pasien yang belum tahu bagaimana melakukan enam langkah cuci tangan dengan baik dan benar.

Untuk itu bimbingan mencuci tangan kepada para calon pasien itu, terus dilakukan setiap harinya, kecuali kepada para pasien yang sudah pernah berobat ke Puskesmas Bangko dalam sepekan terakhir ini.

‘’Awalnya sembarangan kali mereka cuci tangan, sampai airnya itu muncat ke mana-mana. Tapi setelah kita lakukan bimbingan, mereka jadi paham dan mengerti,’’ujar drg Jenny Tarigan dengan logat Batak yang kental.

Lalu dimulai dari mana, enam langkah mencuci tangan dengan baik dan benar tersebut? Dijelaskan drg Jenny Tarigan, dibawah keran air yang mengalir pertama gosok kedua telapak tangan.

Kedua gosok punggung tangan dari sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya, ketiga kedua telapak tangan dan sela-sela jari, keempat gosok jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci.

Selanjutnya keenam, gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya. ‘’Terkhir gosokan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya,’’terang drg Jenny Tarigan.(dEniRio)