Berita  

Seluruh Puskesmas di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang Bergerak Dalam Upaya Pencegahan Covid-19

Seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang Bergerak Dalam Upaya Pencegahan Covid-19

Global investigasi news co.id Aceh Tamiang – Segala upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dalam antisipasi pencegahan penyebaran Virus Covid-19 (Corona), tidak terkecuali seluruh Puskesmas dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang sebagai garda terdepan dalam upaya antisipasi dini pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya Pada senin kemarin (23/03/20) Puskesmas Kecamatan Bandar Pusaka turut melakukan sosialisasi Pencegahan Covid-19 (Corona).

Dalam melakukan sosialisasinya, Puskesmas Kecamatan Bandar Pusaka bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Kampung, turun ke Kampung-kampung untuk menyampaikan himbauan melalui pengeras suara dan menjelaskan apa itu Virus Corona, mulai dari gejalanya hingga cara pencegahannya serta himbauan agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dalam kegiatan keliling-keliling kampung tersebut, para petugas informasi turut menyampaikan kepada masyarakat agar cepat tanggap pada gejala-gejala Covid-19 (Corona), karena gejala awal yang dirasakan hampir sama dengan gejala sakit pada umumnya seperti demam tinggi, batuk, pilek, sakit tenggorokan, lemah lesu dan sesak nafas, karena Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Jika gejala-gejala tersebut muncul, agar secepatnya memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat terbih dahulu.

“Bagi masyarakat yang mengalami ciri-ciri seperti itu harap segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan terdekat,hindari bepergian ke luar daerah terjangkit ,jangan main main atau liburan ke luar kota”, ujar Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Bandar Pusaka, Sunijar, SKM.

Dengan adanya himbauan yang disebarkan oleh Petugas Puskesmas , diharapkan masyarakat waspada dan tidak menganggap sepele mengenai Virus Covid-19 (Corona) sehingga masyarakat dapat mawas diri dan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut serta hindari kontak dengan penderita demam dan batuk.

“Pencegahan ini harus kita lakukan sekarang jangan sampai wabah ini ada di daerah kita dan memakan banyak korban, baru kita menyadari pentingnya tetap tinggal dirumah saja. jangan menganggap remeh terhadap wabah virus ini, jangan sampai gara-gara kita, virus ini makin mewabah,” Pesan Sunijar. (E)