Berita  

Monitoring Babinsa Jeron Dalam Moderenisasi Panen Padi

Monitoring Babinsa Jeron Dalam Moderenisasi Panen Padi

BOYOLALI. Babinsa Jeron Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Sertu Slamet Fahrudin melaksanakan pendampingan upaya khusus panen padi jenis Inpari 22 dengan menggunakan alat modern mesin combi (Combine Harvester) merk Yanmar milik Bapak Suwanto, Dukuh Klebengan, Desa Jeron Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Sabtu (4/4).

Kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat dirasakan oleh petani, pasalnya disaat ada kegiatan petani disitulah pasti ada anggota TNI yang selalu membantu. Peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan.

Kegiatan pendampingan upaya khusus panen padi ini yang dilakukan oleh Sertu Slamet Fahrudin ini mengungkapkan, sebagai aparat teritorial, kehadirannya mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan. “Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,”ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan. “Babinsa selaku motivator, yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional,” tegas Babinsa.

Kegiatan panen padi menggunakan alat modern mesin combi (Combine Harvester) ini diharapkan akan efisien dan menghemat pengeluaran bagi petani dalam proses panennya, sehingga diharapkan petani semakin sukses. Selain itu juga bisa meminimalkan bulir padi yang terbuang sia-sia karena padi langsung masuk ke kantong yang telah ditempatkan pada mesin panen.
Sementara Suwanto, pemilik lahan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Babinsa, yang telah membantunya dalam melakukan panen padi kali ini, diakuinya mulai dari pengolahan dan penanaman selalu memberikan cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur, ”Saya sangat bangga dengan Babinsa yang selalu mendampingi kami di sawah, mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi, hingga hasilnya pun sangat memuaskan, ”terangnya.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa sehingga para petani bisa ikut serta mensukseskan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

(Agus Kemplu)