Berita  

PANGKOGABWILHAN I : RS. KHUSUS INFEKSI COVID-19 P. GALANG RESMI DIOPERASIONALKAN

Nomor: 03/PR/IV/2020

PANGKOGABWILHAN I : RS. KHUSUS INFEKSI COVID-19 P.GALANG
RESMI DIOPERASIONALKAN

BATAM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., bersama Plt.Gubenur Kepri, pimpinan TNI dan Polri serta unsur FKPD Provinsi Kepri menyaksikanperesmian pengoperasian Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang Kepuauan Riau, oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Senin, (06/4).

Peresmian pengoperasian Rumah Sakit tersebut ditandai dengan penekanan tombol dan pembukaan selubung papan nama Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang oleh Pangkogabwilhan I.

Didepan awak media saat setelah meresmikan Rumah Sakit tersebut Pangkogabwilhan I mengatakan “Baru saja Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang sudah resmi dioperasionalkan dimana nanti dalam pengopersiannya dibawah Pangdam I/BB selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) ”, tuturnya.

Dikatakan juga Rumah Sakit Darurat lainya seperti Wisma Atlit di Jakarta dipimpin oleh Pangdam Jaya, kemudian Kogasgabpad Pulau Sebaru dijabat oleh Pangkoarmada I dan Pangkogasgabpad Natuna di bawah pimpinan Pangkoopsau I”, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan “Dengan adanya rumah sakit-rumah sakit darurat ini, kita dapat membantu masyarakat kita yang terkena covid-19. Sama-sama kita ketahui bahwa rumah sakit ini memiliki 340 sarana untuk observasi dan 20 sarana untuk isolasi. Awal mula digunakan untuk pekerja migran yang jumlahnya banyak, sehingg dapat membantu rumah sakit-rumah sakit didaerah”, jelasnya

Dijelaskan juga “Namun demikian ada rujukan dari rumah sakit daerah akan diterima, termasuk masyarakat yang datang sendiri juga akan diterima yang selanjutnya akan di obsrvasi dan diisolasi. Tadi sudah saya cek semua kondisinya, siap untuk dioperasionalkan. Termasuk sarana dan prasarana pendukung yaitu tenaga medis dari TNI/Polri, gabungan dari Kemenkes pemerintah daerah maupun dari para relawan yang saat ini berjumlah241 orang”, pungkasnya.

Demikian berita Dispen Lantamal IV Tanjungpinang.

Kadispen Lantamal IV
T T D

                                                                                                                                                                                                           Saul Jamlaay
                                                                                                                                                                                                           Mayor Marinir NRP 17533/P