Babinsa Kepatihan Wetan Bantu Proses Penyembelihan Hewan Qurban

Babinsa Kepatihan Wetan Bantu Proses Penyembelihan Hewan Qurban

Surakarta – Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) Kelurahan Kepatihan Wetan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serda Budiono bantu kegiatan penyembelihan hewan Qurban. Acara tersebut dilaksanakan di pelataran Masjid Al Fatih Jl.Pamedan No.5 RT 6 RW 1 Kepatihan Wetan Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Sabtu ( 1/8/2020 ), Pkl.08.00 Wib s.d selesai.

Kegiatan penyembelihan hewan Qurban tersebut dilaksanakan tujuan untuk melaksanakan perintah Allah SWT agar menyembelih hewan Qurban pada Hari Raya Idul adha,”jelas Budiono

Pada tahun ini panitia Masjid H.M.Choiri.S.Ag menyembelih hewan Qurban sebanyak 6 ekor sapi , 15 ekor kambing yang berasal dari sumbangan Jama’ah Masjid Al Fatih yang terketuk hatinya untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk mendermakan hewan qurbannya.

“Hukum melaksanakan qurban (kurban) pada dasarnya adalah sunnah muakkad (sunnah yang diutamakan). Artinya, ibadah qurban sangat dianjurkan bagi setiap umat Muslim yang mampu (finansial),” jelasnya H.M.Choiri.S.Ag

Nantinya, lanjutnya lagi, hewan qurban yang sudah disembelih akan dibagikan kepada orang-orang sekitar dan sebagian lagi disedekahkan dengan mekanisme diantar ke rumah masing masing sesuai instruksi Walikota Surakarta sebagai upaya pencegahan Pandemi Covid-19 ini.

“Adapun orang – orang yang boleh menerima daging Qurban diantara adalah shohibul Qurban ( orang yang berqurban ), sahabat, rekan dan tetangga serta fakir dan miskin,”pungkasnya H.M.Choiri.S.Ag.

Kegiatan yang dilakukan Serda Budiono tersebut sebagai upaya untuk membina hubungan silahturahmi antara Koramil 04/Jebres dengan masyarakat agar tercipta keharmonisan dan keakraban serta tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Salah satu tugas yang dilaksanakan oleh Babinsa adalah ikut serta berperan aktif memberikan pendampingan dan membantu pelaksanaan pembagian daging pada Idul Adha tahun 1441 H / 2020 M berjalan dengan tertib dan lancar.

(Arda 72 Pendim Surakarta).