Berita  

Upayakan Percepatan Pembangunan Pedesaan, Pemerintah Merangin MoU Dengan UNJA Dan BI

Upayakan Percepatan Pembangunan Pedesaan, Pemerintah Merangin MoU Dengan UNJA dan BI

Desa Renah Alai Jadi Desa Binaan UNJA dan Talang Tembago Binaan BI

GLOBAL INVESTIGASI NEWS.COM, MERANGIN – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Merangin untuk mempercepat pembangunan di pedesaan. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Universitas Jambi (UNJA) dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jambi.

Kerjasama yang langsung dibarengi dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) tersebut, terkait pembentukan Desa Binaan. Desa Renah Alai Kecamatan Jangkat menjadi Desa Mitra Binaan UNJA.
Sedangkan Desa Talang Tembago Kecamatan Jangkat Timur menjadi Desa Mitra Binaan BI.

‘’Alhamdulillah MoU pembentukan dua Desa Mitra Binaan ini telah kita lakukan,’’ujar Bupati pada acara di Desa Renah Alai, Rabu 05 Agustus 2020. Diakui Bupati, Pemkab Merangin sangat membutuhkan mitra kerja seperti UNJA dan BI yang telah teruji dan professional di bidangnya. Dua lembaga ini akan sangat membantu untuk perkembangan pertanian dan periwisata di  Merangin.

Rektor UNJA Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D mengatakan, UNJA selalu berbuat dan terus berbuat. Berbuat bagaimana UNJA berperan aktif untuk kemajuan Jambi. Makanya mahasiswa UNJA mempunyai 40 SKS diluar bidang studinya. Jadi lanjut Rektor, untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekarang ini tidak hanya berlangsung dua bulan saja, bisa sampai enam bulan, bahkan sampai satu tahun.

Mahasiswa juga dianjurkan untuk melakukan penelitian di desa.
‘’UNJA terus membangun pusat unggulan, seperti pengelolaan ternak terintegrasi, mulai dari penggemukan ternak, sampai pengelolaan limbahnya menjadi pupuk yang sangat dibutuhkan petani,’’jelas Rektor.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia  (BI) Perwakilan Provinsi Jambi Bayu Martanto mengatakan, BI telah membentuk Desa Talang Tembago menjadi desa Mintra Binaan BI.

‘’Desa itu nanti akan kita jadikan klaster kopi, dimana nanti koperasi kecil sekalipun yang ada di desa bisa melakukan ekspor kopi dan komoditi pertanian lainnya. Kita juga punya beasiswa untuk perguruan tinggi negeri,’’ujar Bayu Martanto.

Pada acara yang berlangsung meriah di Balai Desa Renah Alai tersebut, Bupati bersama Rektor melakukan penandatanganan MoU, Desa Renah Alai sebagai desa mitra Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNJA.

Selain itu penandatanganan perjanjian kerjasaama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi dengan Bank Indonesia Perwakilan Jambi, Bank Jambi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Merangin.

MoU juga dilakukan dengan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin, Bappeda Kabupaten Batanghari, Desa Renah Alai Kecamatan Jangkat, Assosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Merangin.
(dEniglobal)