Kembali Gelar Baksos, Akabri 89 Angkat Tema Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit

Kembali Gelar Baksos, Akabri 89 Angkat Tema Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit

Pengabdian TNI-Polri AKABRI ’89: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit

Banten – Alumni AKABRI 1989, yang menamakan diri sebagai Altar 89, kembali menggelar bakti sosial bagi masyarakat terdampak COVID-19. Giat ini dilaksanakan secara berkelanjutan oleh angktan 89 menindalanjuti perintah bapak Panglima TNI dan Kapolri kepada para alumni akabari untuk membantu masyarakat terdampak perangkatan.

Baksos kali ini, Sabtu, 15 Agustus 2020, digelar di Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. Target Baksos adalah personel TNI-Polri dan masyarakat pesisir yang terdampak COVID-19.

Sebanyak 12 ribu paket Sembako didistribusikan ke enam Pos Angkatan Laut wilayah pesisir Banten, Cirebon, Tegal, Cilacap, Kupang, Sorong, dan Kepulauan Seribu, serta 112 ribu masker dibagikan kepada TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Danramil, Kapolsek, Pos AL, AAU, AAL, Akmil, Akpol, dan masyarakat pesisir Teluk Naga.

Selain itu, dalam Baksos yang diberi tema “Pengabdian TNI-Polri AKABRI ’89: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit” ini, Altar 89 juga melaksanakan sosialisi pencegahan COVID-19 dengan protokol kesehatan sebagaimana yang telah di instruksikan presiden melalui Inpres No. 6 tahun 2020, selanjutnya juga dilaksanakan rapid test kepada masyarakat pesisir Teluk Naga “Jika ada yang reaktif positif, disiapkan kendaraan ambulan ke rumah sakit rujukan,” terang Mayjen TNI Rudianto.

Kegiatan ini dilakukan guna membantu dan memberi pemahaman serta solusi pencegahan COVID-19 dan juga semoga dapat meringankan, membahagiakan, serta bermanfaat kepada masyarakat terdampak,” kata Mayjen TNI Rudianto, selaku Ketua Altar 89.

Sementara itu Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto selaku Kaopspus Aman Nusa II 2020 yang juga alumni AKABRI 89 mengatakan bahwa kegiatan ini bersifat continuous atau berkelanjutan.

“Insya Allah kegiatan ini akan terus berkelanjutan sebagai tindak lanjut Inpres Nomor 6 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo serta perintah bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri”, ujar Komjen Agus.

Selanjutnya, pada 8 September 2020 mendatang, Altar 89 juga berencana melaksanakan Baksos yang keempat di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Sebelumnya, Altar 89 telah melaksanakan Baksos di bulan Juni sebanyak 40 ribu paket Sembako yang disalurkan melalui Baharkam Polri ke seluruh Indonesia. Kemudian bulan Juli digelar Baksos di Kodam Jaya, dan pada Juli akhir di Kota Tangerang melaksanakan program pemerintah ketahanan pangan dan padat karya yaitu mengoptimalkan lahan kosong milik pemerintah dengan penanaman benih tanaman dan penyebaran benih ikan yang bekerja sama dengan organisasi pecinta alam dan lingkungan Banksa Suci guna membantu dan membangkitkan ekonomi nasional.

Altar 89 memang berkomitmen terus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam setiap kegiatan, bergantian di setiap matra: TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri.