Danrem Gapu : Sukses Tidaknya Penanganan Karhutla dapat Dilihat dari Respon Masyarakat Jambi

Danrem Gapu : Sukses Tidaknya Penanganan Karhutla dapat Dilihat dari Respon Masyarakat Jambi

Jambi,- ginewstvinvestigasi.com, – Patokan satu wilayah, termasuk Jambi lolos dari bencana Karhutla dapat dilihat dari respon masyarakatnya. “Sukses tidaknya penangan karhutla, itu dilihat dari respon dari masyarakatnya, jika masyarakat menilai kebakaran sudah tidak ada, dan aktifitas tidak terganggu, artinya tim kita yang sudah dilapangan beberapa bulan ini sukses menanggulangi karhutla ini”.

Hal tersebut dikatakan Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli kepada awak media usai menerima bantuan alat pemadam kebakaran portabel ransel dan tabung oksigen portabel sebanyak 40 (empat puluh) unit, dari Polda Jambi yang diserahkan langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi kepada Danrem 042/Gapu selaku Kepala Pelaksana Harian Satgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi, di Makorem 042/Gapu, Kamis (27/8/2020).

Lebih lanjut, Danrem menjelaskan bahwa, sejauh ini, penanganan karhutla sudah maksimal. Dia mengakui, lahan yang terbakar tidak lebih dari 200 hektare, yang merupakan lahan perorangan.

“Dirinya tidak menampik bahwa, faktor cuaca turut membantu penanganan karhutla Tahun 2020 ini”.

Untuk perbandingan, Tahun 2019 lalu, sekitar 11.376 lahan terimbas karhutla, sementara pda Tahun 2020, tidak leboh dari 200 hektare lahan terbakar.

Secara prosedural, kata Zulkifli, sejumlah perusahaan di Jambi telah mengikuti aturan, hal tersebut diketahui, setelah dirinya bersama seluruh Babinsa di wilayah masing-masing melakukan pengecekan ketersediaan alat pemadam kebakaran

“Jadi kita hanya akan memantau dan mengontrol kondisi dari alat disetiap perusahaan tersebut, kita lihat standarisasinya, apakah layak guna atau tidak,” terangnya.

Sebelumnya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi, Firman menjelaskan, sinergitas TNI-Polri, bersama dengan instansi terkait menjadi faktor penting, dalam penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi Tahun 2020.

Kerjasama antar elemen ini terus terjalin, sejak Provinsi Jambi memasuki siaga darurat bencana karhutla 2020.

Kemudian kata Firman, selain kerjasama dan sumbangsih seluruh personil dan relawan, ketersediaan alat dan akses menjadi hal utama untuk menghindari Jambi terhindar dari kabut asap akibat karhutla seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga dengan bantuan ini kita dapat menanggulangi karhutla dengan maksimal,” kata Firman.

Selain bantuan alat dari Polda Jambi, Satgas Karhutla Provinsi Jambi juga menerima pompa air sentrifugal, Honda Wolf, dan GP 160 dari Balai Sungai Wilayah Sungai Sumatera VI.

Acara penyerahan alat pemadam kebakaran kepada Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi, tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Prov Jambi, Johanis Tanak dan Kepala Balai Sungai Wilayah Sungai Sumatera VI Nurfajri.(Mansyur)

(Penremgapu)