Berita  

Ketua AWPI Way Kanan Kecam Pemukulan Terhadap Jurnalis Biro SCTV-Indosiar

Ketua AWPI Way Kanan Kecam Pemukulan terhadap Jurnalis Biro SCTV-Indosiar.

Way kanan_Lampung.

Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia Kabupaten Way Kanan mengecam tindakan kekerasan yang dilakuka oknum ketua panitia pelaksana Bupati Cup Kabupaten Lampung Utara, terhadap jurnalis biro SCTV-Indosiar.

Tindakan kekerasan itu terjadi saat Ardt hendak mengklarifikasi kericuhan pertandingan Sepak Bola Piala Bupati Cup yang digelar pada Stadion Sukung Kelapa Tujuh Kecamatan Kotabumi selatan Kabupaten Lampung utara, Pada jum’at 28 September 2020.

Kejadian tersebut bermula ketika, Ardy Yohaba, Jurnalis biro SCTV-Indosiar hendak melakukan wawancara kepada pihak panitia atas kericuhan pertandingan sepak bola yang menyebabkan salah satu club di diskualifikasi.

Ketua AWPI Way Kanan Yoni Aliestiadi mengatakan, AWPI Way Kanan mengecam dan mengutuk tindakan pemukulan dan perampasan Kamera oleh ketua panitia pelaksana.

kejadian ini menambah panjang deretan kekerasan terhadap jurnalis di provinsi Lampung. Kegiatan jurnalis ini dilindungi oleh undang-undang
Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Menurut pasal 18 tentang Pres
, bahwa siapapun yang menghambat ataupun menghalangi kerja jurnalistik dapat dikenakan hukuman pidana maksimal dua tahun penjara atau denda Rp500 juta.” Tambah Yoni Aliestiadi.

” kebebasan pers yang dijamin UU akan memunculkan pemerintahan yang baik, bersih, dan bertanggung jawab sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai peristiwa, termasuk kinerja pemerintah. ” Ujar Ketua AWPI Way Kanan.

Terpisah Ardy Yoehaba, jurnalis biro SCTV-Indosiar mengatakan, sebelum terjadi pemukulan, kamera miliknya dirampas oleh Ketua panitia yang belakangan di ketahui bernama Juanda Basri. Atas tindakan pemukulan yang dialami tersebut, ardi mengalami luka di bagian pelipis sebelah kanan. Sementara untuk kamera yang biasa digunakan untuk bekerja, akhirnya dikembalikan setelah 30 menit melakukan negosiasi. Namun baterai kamera miliknya hingga saat ini belum di kembalikan.(**/ RN)