Kunjungi NTT, Menteri Edhy Serahkan Bibit Rumput Laut hingga Beasiswa Rp2,88 M

Kunjungi NTT, Menteri Edhy Serahkan Bibit Rumput Laut hingga Beasiswa Rp2,88 M

ginewstvinvestigasi.com. Kupang(28/8) – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyerahkan sejumlah bantuan untuk memperkuat sektor kelautan dan perikanan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di antaranya bantuan bibit hingga beasiswa untuk ratusan mahasiswa di provinsi tersebut.

Bantuan meliputi bibit rumput laut senilai Rp400 juta yang diikuti dengan bantuan sarana prasana budidaya sebesar Rp100 juta. Bantuan bibit ditujukan bagi pembudidaya di empat desa di Kecamatan Kupang Barat, yakni Desa Kuanheun, Oematnunu, Tablolong, dan Oenaek.

“Harapannya dengan bantuan ini, budidaya rumput laut di NTT bisa lebih berkembang. Produksinya bisa lebih banyak,” terang Menteri Edhy di Pantai Oesina, Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Jumat (28/8/2020).
Selain rumput laut, Menteri Edhy juga menyerahkan beasiswa sebesar Rp2,88 miliar untuk 160 taruna dan taruni Polteknik Kelautan dan Perikanan Kupang. Bantuan beasiswa ini berlaku untuk satu tahun.

Menteri Edhy bahkan mendorong generasi muda NTT untuk menimba ilmu di sekolah yang dinaungi Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP tersebut.

“Harusnya Politeknik KP ini diisi lebih banyak oleh anak-anak muda dari sini. Gratis, tanpa pungutan biaya. Kalau ini bisa dimanfaatkan, saya yakin persoalan kualitas sumberdaya manusia bisa terselesaikan,” ujar Menteri Edhy.

Bantuan lainnya berupa sarana wisata sebesar Rp100 juta yang diserahkan kepada kelompok masyarakat sadar wisata di Kupang. Menteri Edhy ingin wisata bahari di Pantai Oesina bisa semakin maju.

Dalam kunjungan di Pantai Oesina, Menteri Edhy bertemu dengan pembudidaya rumput laut. Bahkan ikut merangkai bibit rumput laut bersama para pembudidaya, dan juga menanam karang sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem laut.

([email protected])

Sumber : Tim Humas Kkp