Dandim 1615/Lotim Himbau Masyarakat Tetap Waspada Pada Musim Hujan

Dandim 1615/Lotim Himbau Masyarakat Tetap Waspada Pada Musim Hujan

Gi, News, Ntb

Lombok Timur – Hari ini Koramil 1615-09/Sikur menggelar gotong royong bersama masyarakat membersihkan lingkungan dan membersihkan timbunan material tanah lonsor di Dusun Lekong Pituk Daye Desa Tetebatu Kecamatan Sikur.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., disela-sela kesibukannya di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Jumat (27/11).

Untuk diketahui, salah satu teras rumah milik Junaidi warga setempat tertimpa musibah tanah longsor. Teras depan rumahnya tertimbun material tanah longsor akibat hujan lebat pada Kamis sore.

Mengetahui hal tersebut, Dandim Lotim langsung menginstruksikan Danramil bersama para Babinsa untuk membantu pembersihan rumah dengan mengajak masyarakat setempat untuk bergotong royong.

“Inilah salah satu keutamaan budaya gotong royong untuk saling membantu dalam mencapai tujuan mulia,” ujarnya.

Selain itu, Alumnus Akmil 2001 itu juga meminta kepada Koramil jajarannya untuk mengecek dan mendata lokasi-lokasi yang rawan banjir dan tanah longsor sehingga apabila terjadi hal-hal tidak terduga bisa langsung dikoordinasikan untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dan penanganan lebih cepat.

Ditempat terpisah, Koramil 1615-08/Labuhan Haji juga menggelar gotong royong pembersihan saluran air di Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji. Saluran air tersebut menurut keterangan Danramil Labuhan Haji Kapten Anowar, sering mengalami banjir apabila musim hujan.

Untuk itu, pihaknya bersinergi dengan anggota Kepolisian dan masyarakat membersihkan saluran air dari tumpukan sampah maupun endapan tanah, dengan demikian air akan mengalir deras dan lancar.