Alasan “Berkerumun” Oknum KPUD Kab. Pemalang Usir Wartawan, Debat Publik Tetap Digelar di Hotel Regina Melibatkan Banyak Orang ?!

Alasan “Berkerumun” Oknum KPUD Kab. Pemalang Usir Wartawan, Debat Publik Tetap Digelar di Hotel Regina Melibatkan Banyak Orang ?!

PemalangGlobal Investigasi News-Dalam Acara debat publik Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Pemalang yang di selenggarakan di Hotel Regina pemalang Sabtu 28/11/2020 kurang lebih Pukul 20.00, KPU Kabupaten Pemalang menggandeng TV Swasta dan Nasional untuk menyiarkan langsung Debat Pubplik Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Pemalang.

Dalam acara Debat Publik yang bertempat di Hotel Regina Pemalang juga di jaga ketat oleh TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub, selain itu ada juga puluhan Wartawan dari berbagai Media di Kabupaten Pemalang Yang ingin melakukan Peliputan.

Sangat di sayangkan salah satu Oknum Anggota KPU Kabupaten Pemalang yang menyuruh pergi sekumpulan Wartawan yang berada di halaman Hotel Regina Pemalang dengan alasan agar tidak berkerumun, hal tersebut sempat terjadi sedikit perdebatan antara Kawan – kawan Wartawan dengan Oknum Anggota KPU yang secara tidak langsung menghalang – halangi dan menghambat tugas seorang Watawan untuk mencari dan memperoleh Berita,dalam Undang – undang No. 40 tahun 1999 tentang PERS sudah sangat jelas, barang siapa yang menghalang – halangi tugas wartawan dapat di pidana penjara 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00

Sikap Oknum Anggota KPU kabupaten Pemalang sangat menyinggung rekan – rekan Wartawan, yang secara tidak langsung menyuruh kawan – kawan Wartawan untuk pulang dengan alasan agar tidak berkerumun namun,,”jika memang alasanya seperti itu”, seharusnya tidak hanya pada Wartawan yang di bubarkan karena di situ terlihat banyak Tim pengamanan dari bebagai Unsur yang telihat berkerumun dan tidak Jaga jarak.

Rekan – rekan Wartawan juga sangat menyayangkan kepada KPU Kabupaten Pemalang yang tidak memberikan sosialisasi kepada wartawan bahwasanya ada suatu peraturan KPU tentang tata cara mengikuti peliputan pada saat acara debat pilkada.

Penulis : Tim
Editor : Red