Akibat di Terjang angin kencang, Sebuah tower Jaringan Internet Desa Setinggi tiga Puluh lima Meter Roboh

MUBA SUMSEL,
Akibat di terjang angin kencang, sebuah tower jaringan internet desa setinggi tiga puluh lima meter roboh menimpah atap bangunan yang ada di sekitar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, robohnya tower, diduga kedalaman pondasi tower kurang dari lima puluh ( 50 ) centi meter, sehingga tak mampu menahan beban berat.

============================================================
Sudah hampir dua bulan akses internet Desa Muara Teladan Kecamatan ( Kec. ) Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin ( Kab. Muba ) Provinsi Sematera Selatan ( Prov. Sumsel ) lumpuh total, hal ini disebabkan tower internet desa yang tumbang.

Akibatnya peristiwa itu, seluruh pekerjaan yang membutuhkan sinyal internet lumpuh total.

Kepala Desa – Desa Muara Teladan – Seilendra di kediamannya selasa 1-12-2020, mengatakan, pihaknya kesulitan dalam segala urusan terkait kegiatan desa yang berhubungan dengan jaringan dan bangunan yang berdampingan dengan tower adalah Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu saat ini kondisinya rusak pada bagian atap.

“Selama kurang lebih dua (2) bulan terakhir perangkat desa kalau mau mengurus apa saja yang membutuhkan akses internet harus ke kota sekayu dulu, masalah ini sudah di sampaikan ke pihak DPMD, melalui salah satu pegawai DPMD untuk perbaikan di ambil dari dana perawatan desa tahun anggaran 2020’, ungkap Sailendra.

“Terusnya dana perbaikan untuk mendirikan kembali tower yang sudah roboh itu sebesar 14.200.000 dan sudah ada yang memprosesnya”, cetusnya.

Sebanyak 227 tower jaringan internet desa yang dikerjakan oleh pihak ketiga pada tahun 2019. Namun dua diantaranya tumbang pada bagian tengah dan roboh. Untuk bangunan tower internet desa ini, setiap kepala desa harus mengeluarkan dana sebesar kurang lebih Rp. 61 juta.

Tower jaringan internet desa salah satu program pemerintah melalui DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA ATAU DPMD KABUPATEN MUSI BANYUASIN, dengan menyerap DANA DESA atau DD sebesar RP. 14 milyar rupiah.

Menurut keterangan warga, peristiwa tower roboh pada malam hari, saat itu hujan diserta angin kencang, warga terkejut mendengar suara keras yang berasal dari samping rumahnya, saat diperiksa tower jaringan internet itu sudah roboh.

Hingga kini kondisi tower belum diperbaiki oleh pihak terkait, sedangkan peralatan jaringan internet terlihat rusak dan tergeletak ditanah, sementara dinas DPMD Musi Banyuasin dikonfirmasi terkait pemberitaan ini, hingga kini belum memberikan keterangan terkait tower Internet Desa yang roboh.