Pandemi Covid-19, Tak Surutkan Desa AKM Mesuji Untuk Membangun

Pandemi Covid-19, Tak Surutkan Desa AKM Mesuji Untuk Membangun

GINEWS TV INVESTIGASI Mesuji – Dimasa pandemi Covid-19 yang berdampak luas bagi aspek Ekonomi, Sosial bahkan pembangunan tak menyurutkan semangat Desa Adi Karya Mulya (AKM) Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji untuk terus maju membangun .

Terbukti di tahun 2020 ini, dengan menggunakan Dana Desa (DD)TA 2020, selain digunakan dalam hal upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid -19 Desa AKM juga mampu merealisasikan beberapa pembangunan berupa infrastruktur fisik .

Kepada Media Ini Kepala Desa Adi Karya Mulya (AKM) M. Purwanto mengatakan, bahwa dengan menggunakan Dana Desa pihaknya telah merealisasikan beberapa pembangunan diantarnya adalah 6 titik Gorong-gorong plat beton yang ditempatkan di RK 01,RK 02 ,RK 03 ,RK 04 masing-masing Satu titik dan di RK 05 ada dua titik.

Kemudian Pembangunan Sumur bor sebanyak 2 titik yaitu di RK 02 dan RK 03 serta pembangunan Drainase dengan panjang 200 M yang terletak di RK 01.

“Beberapa Pembangunan fisik tersebut kita bangun menggunakan DD Adi karya Mulya TA 2020, Pekerjaan dilakukan swakelola dan di kerjakan oleh tenaga kerja dari masyarakat sekitar bangunan tersebut ” kata M. Purwanto saat ditemui di ruang kerja nya Kamis (26/12/2020)
Dikatakannya, Berkat DD yang telah di berikan oleh pemerintah di Desa AKM selain membuat Desa semakin maju juga membuat masyarakat lebih sejahtera karena dengan adanya pembangunan di Desa maka akan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

” Untuk pekerjaan yang ada di desa kita selalu memberdayakan masyarakat sekitar tempat pembangunan, karena selain bisa untuk menambah penghasilan bagi masyarakat juga diharapkan hasil bangunan akan lebih bagus, karena masyarakat setempat lah yang paling banyak menggunakan bangunan tersebut.” Terangnya

M. Purwanto juga menjelaskan bahwa selain pembangunan Infrastruktur fisik, pihaknya juga menggunakan Dana Desa TA 2020 untuk melakukan pencegahan-pencegahan terhadap penyebaran covid-19 di desanya, yaitu dengan Pemberian BLT bagi masyarakat terdampak, pembagian masker secara gratis kepada masyarakat, pendirian posko gugus tugas penanganan pencegahan Covid-19, dan penyemprotan disinfektan Di Fasilitas umum dan rumah rumah warga.

“Untuk membantu masyarakat terdampak covid-19 kami juga telah menyalurkan bemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) kepada 149 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dimulai dari bulan April sampai dengan Desember ini, ” pungkasnya (Bm/sy)