Modus Jual Freezer Ice Cream, Sales Gadungan Diringkus Polisi

Modus Jual Freezer Ice Cream, Sales Gadungan Diringkus Polisi

Petugas Unit Reskrim polda sumsel melalui ,Polsek Lubuklinggau Barat, meringkus Zulpikar (26) warga Kelurahan Lubuk Tajung, Kecamatan Lubuklinggau Barat Kota Lubuklinggau, di rumahnya, minggu (27/12/202) sekira pukul 20.00 Wib.

Pelaku ini sudah menjadi terget Polisi, karena sudah meresahkan masyarakat dan sudah banyak yang menjadi korban aksi penipuannya. Penipuan yang dilakukan tersangka bermodus menawarkan mesin pembeku atau Freezer ice cream merek Aice.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono melalui Kanit Reskrim Aiptu Faisal mengatakan yang menjadi target pelaku yakni pengusaha toko atau warung manisan. Aksi pelaku dengan cara mendatangi toko manisan. Dengan berpura-pura sebagai Sales ice krim.

“Pelaku menawarkan untuk pemasangan Freezer ice dengan membayar Rp1,5 juta dan setelah ada kesepakatan pemilik warung harus memberikan uang muka separuh dari harga freezer ice,” kata Faisal kepada awak media, Minggu (27/12/2020).

Setelah memberikan uang muka lanjut Kanit, pelaku berjanji akan melakukan pemasangan freezer ice tersebur sore hari nya dan ditunggu sampai sore pelaku tidak kunjung datang.

Sehingga merasa dirugikan karena sudah memberikan uang sebesar Rp 750ribu ke pelaku, korban melaporkan kejadian penipuan itu ke Mapolsek Lubuklinggau Barat.

Saat melaporkan korban mengingati wajah pelaku. Mendapat laporan korban, petugas Polsek Lubuklinggau bersama Katim 29Bon melakukan penyelidikan.

“Sudah 19 orang yang menjadi korbannya, dan ditaksir kerugian sudah mencapai Rp 14 juta,” tegasnya.

Usai dilakukan serangkaian penyelidikan, lalu pada minggu (27/12/202) sekira pukul 20.00 WIB, pihaknya mendapat informasi keberadaan pelaku sedang berada dirumahnya.

Selanjutnya Kanit Reskrim bersama anggota melakukan pengintaian dekat rumah korban dan dilakukan pengerebekan dan digedor rumah pelaku dan pelaku dapat diamankan tanpa perlawanan.

“Hasil Interogasi, pelaku mengakui perbuatannya menipu dengan menjadi sales pemasangan Freezer Ice cream. Dan diakui pelaku juga, jika uang hasil menipu digunakan pelaku untuk membeli narkoba jenis sabu,” tukasnya. ( Hasbi )