Berita  

Alih Tugas Jabatan Kadiv Yankumham di Kemenkumham Sulsel

Alih Tugas Jabatan Kadiv Yankumham Di Kemenkumham Sulsel

Ginewstvinvestigasi.com, Makassar-Anggoro Dasananto resmi menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sulawesi Selatan menggantikan Sri Yuliani yang akan menjabat sebagai Direktur TI Ditjen Administrasi Hukum Umum. Anggoro sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Yankumham Kemenkumham Sulawesi Tengah.

Pergantian ini ditandai dengan kegiatan Pengantar Alih Tugas Kepala Divisi Pelayana. Hukum dan HAM yang digelar di Aula setempat, Sabtu (02/01/2021). Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengapresiasi kinerja Sri Yuliani yang telah menghasilkan banyak Inovasi terutama di tengah pandemi Covid-19.

“Atas kinerja Divisi Pelayanan Hukum, Kanwil Sulsel memperoleh tiga penghargaan yakni penghargaan Menkumham yang telah berhasil membina sebagian besar Kab/Kota Peduli HAM yakni sebanyak 14 Kab/Kota dan 7 Kab/Kota meraih predikat cukup peduli, Penghargaan Menkumham karena telah membina UPT menerapkan layanan publik berbasia HAM, dan penghargaan kinerja anggaran AHU terbaik kedua serta menjadi Kepala Divisi yankumham terbaik pada rapat koordinasi semester pertama tahun 2020,” Kata Harun.

Kemudian dalam upaya mencapai targer kinerja dan perjanjian kinerja Divisi Pelayanan Hukum dan HAM telah menfasilitasi 48 Ranperda, 5 Ranperbup, dan 1 Perda. “Dalam bidang AHU, peningkatan pendaftaran badan usaha terus didorong. Pada 2019 lalu sebanyak 275 dan tahun 2020 meningkat drastis sebanyak 1458. Divisi Yankum Sulsel juga mengawasi 466 Notaris di Seluruh Sulsel dengan 6 Majelis Pengawas Daerah Notaris,” Kata Harun.

Kemudian, peningkatan Kekayaan intelektual juga meningkat. Kakanwil mengatakan, di tengah  pandemi , pendaftaran Kekayaan Intelektual justru meningkat dengan jumlah PNBP sebanyak 1.8 Miliar. Kanwil Sulsel juga saat ini telah menyerahkan dua Sertifikat kekayaan intelektual Indikasi Geografis  yaitu Lada Luwu Timur dan Beras Pulu Mandoti Enrekang.

Divisi Pelayanan Hukum juga telah menciptakan banyak Inovasi yakni Duyankum Kanwil Sulsel, Formalin Kumham Sulsel, Lakidigi Kumham Sulsel, Lakiselam Kumham Sulsel, Laris Online, dan Laserdoor Kumham Sulsel. “Semua inovasi-inovasi yang dibuat untuk memberi dan mempermudah layanan  ” Ungkap Harun

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang lama, Sri Yuliani mengatakan, capaian ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik dengan internal dan eksternal terutama dengan Pemda, Ikatan Notaris Indonesia, dan Instansi Terkait lainnya. “Terhadap capaian ini, kami berharap agar terus dipertahankan dan terus ditingkatkan, ” Harap Sri.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang baru, Anggoro Dasananto meminta dukungan dan sinegi yanga baik terutama dengan jajaran Divisi Pelayana Hukum dan HAM. Dirinya berharap agar seluruh pegawai di Sulsel dapat berkolaborasi dengan baik.

([email protected])

Sumber: Humas kanwil