P2WKSS Kab. Sukabumi Mengadakan Kegiatan Sosial Pembangunan Tutilahu di Desa Limusnunggal

Judul : P2WKSS Kabupaten Sukabumi Mengadakan Kegiatan Sosial Pembangunan Tutilahu di Desa Limusnunggal

Globalinvestigasitvnews.com- Sukabumi, Kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Tahun Anggaran 2020 menyelenggarakan kegiatan Pembangunan Rutilahu di Desa Limus Nunggal Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut dibantu oleh Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) yang diketuai oleh Ibu Bupati Sukabumi Dra. Hj. Yani Jatnika Marwan Hamami M.Pd.

“Peran forum FSKSS sendiri adalah membantu tugas kami didalam hal
memverifikasi ke lapangan, atas dasar usulan dari kades dan Kecamatan, berdasarkan indikator bantuan rutilahu, selanjutnya forum membantu proses pelaporan pertanggung jawaban” ucap Dedi Chardiman, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman saat ditemui dipendopo Sukabumi, Jalan Ahmadyani, Senin (04/01/2021)

Dedi menceritakan, bahwa kegiatan tersebut awalnya merupakan kegiatan Dinas Sosial yang dialihkan sesuai regulasi dan menjadi Tupoksi pada Bidang Perumahan di seksi Rumah Khusus dan Rumah Swadaya.

“Kami melibatkan forum FSKSS
karena Dinas Perkim kekurangan personil lapangan sehingga kami melibatkan Forum dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang merupakan kepanjangan tangan Dinas Sosial” Jelasnya

Kehadiran Forum tersebut jelas sangat membantu, jelas Dedi, dan saya yakin betul bahwa forum tidak memiliki peluang untuk menyelewengkan anggaran.

” Proses pencairan anggaran untuk Rutilahu itu dari kas daerah di transfer ke rekening panitia pelaksana rutilahu tingkat desa, selanjutnya panitia membayar kepada matrial yang telah ditunjuk dan disepakati oleh panitia tingkat desa” terangnya

Dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan, Dinas bersama forum melaksanakan monitoring dan evaluasi, kemudian forum juga membantu dalam penyusunan pertanggung jawaban kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia tingkat Kecamatan dan tingkat Desa

“Jadi kalau ada aliran dana untuk program perbaikan rutilahu langsung forum itu salah, bahkan ketua forum rela mengeluarkan anggaran pribadi untuk kegiatan kemanusiaan ini, untuk progam tahun ini kita berhasil mengeksekusi rutilahu sebanyak 1600 unit, dan itu merupakan ikhtiar kami beserta forum untuk masyarakat” pungkasnya.

Global Investigasitvnews.com Sukabumi : Sapta Hendra Wijaya