KSM Dendang Jaya Parit Culum I Kab. Tanjab Timur Laksanakan Serah Terima Kegiatan Pembangunan

  • Bagikan

KSM Dendang Jaya Parit Culum I Kab.Tanjab Timur Laksanakan Serah Terima Kegiatan Pembangunan Tangki Septik Komunal.

Tanjabtimur-GlobalInvestigasinews.com.
2021/01/06
Pembangunan Instalas Tangki Septik komunal di Kelurahan Parit Culum Satu, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, berdampak positif bagi warga setempat.

Tangki Septik Komunal yang dibangun oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dendang Jaya pada tahun 2020 ini, berdampak baik pada pembenahan septic tank warga yang saat ini menjadi terpusat.

Pembangunan tangki septik Komunal untuk melayani 63 KK 56 SR unit rumah warga di RT 02.03.06.07.09.12 Kelurahan Parit Culum Satu itu nantinya akan mengolah air limbah, agar dapat dibuang tanpa merusak lingkungan.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Kabupaten Tanjabtim, Sahri yang mewakili Kadis Perkim Adil Aritonang, seusai melaksanakan rembug serah terima Tangki Septik Sanitasi penguatan kapasitas kelompok pemelihara dan pemanfaat (KPP) tahun anggaran 2021,
mengatakan, Tangki Septik Komunal merupakan solusi yang terbaik dalam mengatasi limbah rumah tangga di Kelurahan Parit Culum Satu, dan umumnya di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Acara rembug serah terima Tangki Septik Sanitasi penguatan kapasitas kelompok pemelihara dan pemanfaat (KPP) tahun anggaran 2020.
Sahri meminta kepada masyarakat Khususnya di Kelurahan Parit Culum I Agar tetap menjaga kesehatan di tengah Wabah Covid 19, dengan menjaga lingkungan yang bersih serta mematuhi Protokol kesehatan dengan mencuci Tangan mengunakan Masker dan menjaga jarak, semoga kita semua di jauhkan dari wabah covid 19 tersebut.

Sahri menjelaskan bahwa di kelurahan parit culum I tahun 2020 di bangun Tangki Septik Komunal dalam menu 5 sampai 10 kk dan saat ini di kelurahan Parit culum I yang menerima pemanfaat 63 rumah.

“Harapan kami dengan telah dibangunnya Tangki Septik ini dapat meningkatkan kesehatan dari lingkungan masyarakat sekitar, yang dulunya warga menggunakan WC ceblug. Harapan kita rumah yang belum tersambung segera dapat tersambung Sanitasi Tangki Septik komunal sehingga dapat mencegah limbah rumah tangga yang dapat merusak lingkungan,”ujar Sahri.

“Keinginan kami Tangki Septik Komunal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kami ingin juga masyarakat nantinya mampu memanfaatkannya sebagaimana mestinya,”tukasnya.

Lurah Parit Culum Satu, Usman Sidik mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi adanya pembangunan Tangki Septik Komunal di Kelurahan Parit Culum Satu, Lurah Parit culum I sangat berterimakasih kepada pemerintah khususnya Dinas Perkim yang sudah membangun Tangki Septik Komunal,
Ia menginginkan, dengan keberadaan Tangki Septik Komunal ini gejala demam berdarah yang kerap mendera masyarakat Kelurahan Parit Culum Satu tidak lagi terjadi.

“Atas nama masyarakat Kelurahan Parit Culum Satu kami menyambut baik atas pembangunan Tangki Septik Komunal ini, karna Tangki Septik Komunla Sangat berdampak baik baik bagi masyarakat kami,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KSM Dendang Jaya, Izhar Sarpawi menuturkan, pembangunan Tangki Septik Komunal dan Perpipaan yang dananya bersumber dari DAK Senilai Rp 400 juta tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan target yang direncanakan.

Selama proses pembangunan, yang dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat itu berjalan dengan baik. Menurutnya,
tuntasnya pembangunan Tangki Septik Komunal ini tidak telepas dari dukungan masyarakat Kelurahan Parit Culum satu serta semua pihak yang terkait.

“Kami selaku KSM dan pengurus sangat berharap kepada masyarakat untuk dapat merawat dengan baik Tangki Septik Komunal ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perkim Tanjabtim yang telah memberi kepercayaan pembangunan di Kelurahan Parit Culum Satu ini,”tukas Izhar Sarpawi menutup keterangannya.

Begitu juga yang di sampaikan Ikhlas Daulai, memaparkan Tangki septik pengolahan limbah cair, atau air hitam yang berasal dari kloset hunian. Tangki Septik terbuat dari bahan yang kedap udara sehingga udara dalam tangka tidak meresap ke tanah.

Pada tangki septik tidak hanya berfungsi sebagai penampungan limbah, tetapi juga pengolahan limbah dengan cara diresapkan ke tanah atau disalurkan pada tempat pengolahan skala besar.

Konstruksi Tangki Septik umumnya dilengkapi dengan sekat dinding bata dengan penutup beton, dan penutup kontrol pada bagian atasnya, serta pipa T untuk memaksimalkan udara dapat masuk ke dalam tangki septik, sehingga bakteri di dalamnya tetap dapat hidup untuk membantu menguraikan kotoran di dalam wadah pengolahan.

Idealnya konstruksi Tangki Septik menyesuaikan ketinggian udara dan tak terkalahkan menurut jenis tanah di hunian. Perhatikan jarak Tangki Septik dengan sumber air bersih, setidaknya melebihi 10 meter agar tidak terjadi infiltrasi limbah.
Tangki septik sebaiknya hanya digunakan maksimal oleh 5 rumah agar proses pengolahan limbah lebih optimal.

Setelah beberapa waktu, limbah akan terpisah dalam tiga lapisan. Lapisan paling atas berupa minyak, dan segala sampah terapung. Lapisan kedua berupa limbah dengan segala partikel sampah di dalamnya (limbah cair). Lapisan terakhir berisi partikel yang mengendap (sludge).tuturnya.(T111k).

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: