Antsipasi Gangguan Kamtibmas, Polres Ciamis Polda Jabar Laksanakan Patroli Dialogis di Obyek Vital

SIARAN PERS

Antsipasi Gangguan Kamtibmas, Polres Ciamis Polda Jabar Laksanakan Patroli Dialogis di Obyek Vital

Dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas, Polres Ciamis Polda Jabar melalui Satuan Sabhara melaksanakan patroli dialogis di pusat kota Kabupaten Ciamis. Patroli ini dilaksanakan secara rutin ke sejumlah objek vital di wilayah hukum Polres Ciamis Polda Jabar.

Setiap harinya tiga personel Sat Sabhara Polres Ciamis bergantian melakukan patroli dengan menggunakan kendaraan patroli roda empat berkeliling di sekitaran tempat keramaian. Sebab kehadiran anggota Polri ditengah masyarakat dapat meminimalisir niat pelaku kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.

“Hari ini tiga anggota yang bertugas melakukan patroli dialogis di daerah pusat kota Kabupaten Ciamis yakni, Bripka Veries Sudarisman, Bripka Rizal Andriansyah dan Brigadir Doni Marihot. Ketiganya menggunakan kendaraan patroli roda empat untuk melihat situasi dan kondisi dilapangan,” ujar Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., melalui Kasat Sabhara Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman, S.IP., saat ditemui disela-sela kegiatan, Sabtu (16 Januari 2021).

Lebih lanjut, AKP Cecep mengatakan, adapun sasaran yang dituju patroli hari ini diantaranya Klinik Al Amin Ciamis, Pasar Manis Ciamis, dan Kantor PLN Ciamis. Dimana disetiap lokasi anggota menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas.

“Pesan-pesan kamtibmas selalu disampaikan oleh anggota seperti menjaga keamanan lingkungan dengan selalu mengunci pintu sebelum berpergian keluar, kunci ganda pada setiap kendaraan dan sebagainya. Selain itu juga disampaikan himbauan sekaligus edukasi tentang protokol kesehatan secara sederhana dengan menerapkan 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan,” tutur Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K. M.Si

Kabid Humas Polda Jabar berharap pelaksanaan kegiatan patroli dialogis tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Serta dapat mengurangi niat para pelaku kriminal dengan hadirnya anggota kepolisian di tengah tengah masyarakat.

“Peran serta masyarakat sangatlah penting dalam membantu tugas kepolisian menjaga kondusifitas wilayah. Mari sama-sama kita menjadi polisi bagi dirinya sendiri, keluarga dan orang lain disekitar kita guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya.