Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Terjun Langsung Membantu Warga Membersihkan Puing-puing Pasca Banjir Bandang Gunung Mas Kab. Bogor

SIARAN PERS

Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Terjun Langsung Membantu Warga Membersihkan
Puing-puing Pasca Banjir Bandang Gunung Mas Kab. Bogor

Rabu (20/01/2021) Usai membantu proses evakuasi asrama Pondok Pesantren Al-Madaroh di Cipanas yang ambruk, Tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar kembali diterjunkan untuk membantu korban yang terkena musibah banjir bandang.

Kali ini, Komandan Kompi 3 Iptu Apep Yusup Maolana, menginstruksikan Personel Tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor terjun ke lokasi banjir bandang di Gunung Mas, Kab. Bogor. Tim dikirim untuk membantu melakukan evakuasi dengan segala peralatan SAR yang dimiliki personel Sat Brimob Polda Jabar.

Komandan Kompi 3 Iptu Apep Yusup Maolana, S.E., munuturkan pada kali ini 1 SSR anggota Tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor dipimpin Aipda Awaluddin melaksanakan SAR evakuasi pasca bencana banjir bandang menerjang Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor ” ujarnya.

Banjir bandang yang menerjang wilayah Gunung Mas, Puncak, Kab. Bogor dipicu oleh hujan deras yang mengguyur sepanjang hari. Menurut Iptu Apep Yusup Maolana, S.E., kondisi cuaca tersebut memicu terjadinya peningkatan debit air sungai, yang kemudian meluap dan melanda wilayah permukiman warga.

Danki 3 Iptu Apep Yusup Maolana, S.E., menyebutkan pengiriman bantuan personel Tim SAR ke lokasi bencana ini sesuai dengan arahan Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Yuri Karsono, Personel Tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor langsung diterjunkan ke lokasi banjir untuk melakukan evakuasi dengan membantu warga menyingkirkan meterial batu dan batang pohon yang menutupi ruas jalan dan pemukiman warga ” pungkasnya.

Ditempat terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Diterjunkannya personil Sat Brimob Polda Jabar membantu evakuasi banjir bandang yang terjadi di wilayah Cisarua Kabupaten Bogor adalah wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat, yang akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, ” ujarnya.

“Diterjunkannya personil Sat Brimob Polda Jabar juga dalam membantu masyarakat yang sedang terkena bencana sesuai dengan motto SAR Sat Brimob Polda Jabar yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, tutur Dansat Brimob Polda Jabar.