BABINSA KORAMIL 1613-03/KATIKUTANA SERKA JAIDUN MELAKSANAKAN KEGIATAN SOSIALISASI

BABINSA KORAMIL 1613-03/KATIKUTANA SERKA JAIDUN MELAKSANAKAN KEGIATAN  SOSIALISASI TENTANG KEBERSIHAN KANDANG AYAM

Mus-Global
Sumba Tengah,Global Investigasinews.Com
Dalam rangka meminimalisir pencemaran lingkungan dan membantu program pemerintah dengan ketahananan pangan di bidang peternakan, Babinsa Koramil 1613-03/Katikutana Serka Jaidun melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama
Bapak Ruslan bertempat di Desa Makatakeri Kec. Katikutana Kab. Sumba Tengah, Minggu (24/01/2021).

Selain menjalankan tugas pokok, Babinsa juga harus tanggap dan merespon setiap permasalahan yang ada didesa. Dengan keberadaannya peternak ayam potong broiler di Desa Makatakeri dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Tetapi dari sisi lain ada juga masyarakat yg mungkin merasa terganggu akibat peternak ayam potong yg kurang memperhatikan kebersihan kandang sehingga menimbulkan bau busuk dan wabah lalat yg mengakibat warga setempat merasa terganggu apalagi pada saat musin hujan.

Untuk mencegah permasalahan yg timbul di masyarakat yg disebabkan oleh aroma busuk dari kotoran ayam dan wabah lalat maka Babinsa Koramil 1613-03/Katikutana melaksanakan sosialisasi dengan para peternak ayam tentang mengatasi penyebaran wabah lalat dan bau busuk.

Dalam sosialisasi tersebut Serka Jaidun menyampaikan “Peternak harus melakukan penyemprotan sekeliling kandang minimal 1x dalam satu hari pada pagi hari dgn menggunakan disinfektan berupa obat agita untuk mencegah perkembang biakan lalat. Peternak harus memberikan minuman herbal terhadap ayam berupa EM.4 yang berguna utk menghilangkan aroma busuk pada kotoran ayam” Ucapnya.

Lanjut Babinsa mengatakan kenyamanan kandang didapatkan ayam dari ketepatan pengaturan suhu dan kualitas udara, kelembapan, cahaya yang masuk, ketersediaan air dan pakan, serta segala jenis keamanan yang dapat menghindari ayam dari bahaya utama yang dapat mengancam kelangsungan hidup ayam, sehingga dapat menghasilkan produksi yang berkualitas”

“Budidaya ayam potong sebenarnya bisa di bilang susah-susah gampang karena kandang tidak boleh berada di lokasi pemukiman dan harus ulet dalam penanganannya serta ayam tidak bisa kena stress,” ujarnya.

Ternak ayam Bloiler merupakan salah satu program unggulan Kodim 1613/Sumba Barat selain dari penanaman Porang bekerjasama dengan warga masyarakat dengan sistem bagi hasil, hal Ini merupakan suatu wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat yang berada diwilayah teritorial dan bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejateraan warga agar dapat meningkatkan penghasilannya dengan cara berternak ayam.