Diskusi Terbuka LSM Jarinkobar NTB dan Kordinator Pembentukan Desa

Diskusi Terbuka LSM Jarinkobar NTB Dan Kordinator Pembentukan Desa Persiapan Batu Idung-Lobar.

Gerung-NTB, 27-1-2021 Globalinvestigasinews.com Kordinator Persiapan Pembentukan Desa Batu Idung Kab. Lobar mengadakan diskusi terbuka dengan LSM Jarinkobar NTB guna membangun komonikasi, kordinasi dalam upaya membantu dan mengawal proses terbentuknya Desa Persiapan Batu Idung-Lobar (27-1-2021)

Haji Jamil Spd selaku Kordinator pembentukan persiapan Desa Batu Idung menyampaikan bahwa pembentukan ini murni atas dasar keinginan dari warga masyarakat yang sudah lama diimpikannya. Selaku kordinator pembentukan sudah membentuk panitia kecil dan proposolnya. Panitia kecil juga sudah turun ke warga masyarakat untuk mensosialisasikan apa maksud dan tujuan pembentukan Desa Persiapan Batu idung. Baik melalui pertemuan langsung dengan warga maupun dengan cara berkeliling Sholat Jumat ke masjid masjid sambil bersosialisasi. Hasilnya semua warga masyarakat mendukung penuh. Bebernya.

Lanjut kata Haji Jamil kami mungkin akan mengalami kendala sebab wilayah pembentukan desa persiapan Batu Idung adalah Gabungan dari dusun dusun yang berbeda Desa dan Kecamatan. Yakni yang akan bergabung menjadi Desa Persiapan Batu Idung adalah Dari Kecamatan Gerung Desa Giri Tembesi yakni Dusun Gumise Tengah, Dusun Gumise Selatan, Dusun Gumise Utara dan dari Kecamatan Lembar, yakni Dusun Gerebegan Desa Jembatan Gantung Jelasnya

Jika ke empat Dusun tersebut digabungkan menjadi satu Desa maka sudah memenuhi syarat menjadi sebuah desa sebagaimana ketentuan UU Desa. Ujar Haji Jamil penuh yakin

Sadli Kadus Gerebegan Desa Jembatan Gantung Kec. Lembar, juga selaku inisiator pembentukan Desa persiapan Batu Idung mengatakan mendukung sepenuhnya untuk terbentuknya Desa Persiapan Desa Batu Idung.
‘ Siap mengorbankan harta, tenaga dan pikiran demi terbentuknya desa persiapan Batu Idung” semangatnya.

Lanjut kata Sadli salah satu alasan warga mengajukan pembentukan Desa persiapan Batu idung diantaranya Dusun Gerebegan sangat jauh jaraknya dengan kantor Desa Jembatan gantung atau Kecamatan Lembar (dusun terpencil) sehingga Ketika warga akan mengurus adminstrasi kependudukan atau segala sesuatu yang berhungan dengan pemerintahan Desa atau Kecamatan, mereka harus menempuh perjalanan jauh sekitar 10 KM lebih dengan melewati wilayah desa dan Kecamatan lain baru sampai di Kantor Desa atau Kecamatannya.

Wayan Atum Miatha Ketua BPD Desa Giri Tembesi Kec. Gerung mendukung penuh keinginan dari warga ke empat Dusun yang hendak bergabung menjadi satu dan membentuk sebuah desa persiapan sebab sudah memiliki SDM yang cukup, sumber kekayaan alam yang melimpah dan luas wilayahnya yang sangat luas.

DR. Ahyar Budiman Sekertaris LSM Jarinkobar NTB dalam pertemuan itu menyampaikan siap mendukung dan mengawal proses pembentukan desa persiapan Batu Idung. Kita harus dukung selama tujuannya untuk percepatan dan pemerataan pembangunan di wilayah tersebut. Ujarnya

” Kami dari LSM Jarinkobar NTB segera membangun komonikasi yang baik dengan Dinas-Dinas terkait, serta melakukan loby loby politik agar segera terbentuk Desa Persiapan Batu Idung. Sehingga impian waga masyarakat yang berada di Destenisasi Wisata Bukit Batu Idung menjadi kenyataan” harapnya.

Turut hadir dalam diskusi terbuka itu Kepala Dusun Gumise utara, Kepala Dusun Gumise Tengah, Kepala Dusun Gumise Selatan, Ketua BPD Desa Giri Tembesi, Pembina LSM Jarinkobar NTB, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (GIN NTB)