Himbauan Pasola: Taati Prokes, Mari Bersama Kita Mencegah Penularan Covid-19

oleh -8 views

Himbauan Pasola:Taati Prokes,Mari Bersama Kita Mencegah Penularan Covid-19

Mus-Global
Sumba Barat,GlobalInvestigasinews.Com-Beberapa himbau yang harus di laksanakan oleh masyarakat Sumba Barat terkait Budaya PASOLAdiantaranya”
1.bahwa pendemi covid 19 di kabupaten Sumba barat merupakan ancaman yang nyata bagi keselamatan masyarakat Sumba Barat.

  1. Bahwa atraksi pasola akan membentuk kerumunan orang ( masyarakat ) dalam jumlah besar yang berpotensi memudakan penularan covid 19 karena pelaksanaan protokol kesehatan termasuk jaga jarak antara penonton/ pengunjung sulit diwujutkan.
    3.bahwa ritual adat pasola yang di laksanakan oleh masyarakat dl 3 (tiga) kecamatan tetap dilaksanakan namun terbatas pada acara ritual marapu bukan atraksi pasola.
    4.bahwa atraksi saling melempar kayu (pasola) antara pemain pasola di kecamatan lamboya, kecamatan wanukaka, dan kecamatan lamboya barat ditiadakan , hanya di simbolkan oleh para rato adat.
  2. Bahwa atraksi tinju tradisional di teltena desa Baliloku kecamatan wanukaka ditiadakan,Sedangkan ritual adat tinju /pajura tetap dilaksanakan oleh para rato adat.

Kata Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto,S.I.K.MH akan tetap melakukan pengawasan pendisiplinan Prokes Covid -19,Namun Kapolres menekankan bahwa penegakan pendisiplinan bukan dilihat sanksi atau dendanya,tetapi upaya bersama untuk mencegah penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat.

Lebih lanjut Kapolres Sumba Barat mengharapkan adanya kontrol sosial antara warga untuk saling mengingatkan. Demi keselamatan bersama, warga bisa mengingatkan warga lain yang lalai menjalankan protokol kesehatan.

Jadi, bila anda melihat orang tidak menggunakan masker, maka ingatkan. Bila melihat orang tak jaga jarak apalagi berkerumun, maka ingatkan. Bila lihat ada ruangan padat, maka ingatkan pengelola. Jangan pernah membiarkan karena bisa merugikan kita semua.

Kita belum sampai tujuan dari proses ini yaitu masyarakat yang sehat, aman, dan produktif. Karena itu, mari kita semua ambil sikap bertanggung jawab. Mari disiplin taati prinsip-prinsip hidup sehat dan aman apalagi dalam kondisi wabah seperti saat ini,” pungkas Kapolres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *