Cangkul dan Karung Jadi Sahabat Warga Desa Tumanggal

Cangkul dan Karung Jadi Sahabat Warga Desa Tumanggal

PURBALINGGA – Cangkul dan karung alat tradisional yang menjadi sahabat bagi warga Desa Tumanggal yang ikut berperan serta mensukseskan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 Kodim 0702/Purbalingga. Setiap harinya mereka harus membawa alat tersebut untuk mencari pasir di Sungai Gintung.

Tidak lagi mengenal usia, mereka yang sudah berumur pun bersemangat mencangkul pasir untuk dimasukkan ke dalam karung. Karung yang sudah terisi kemudian diangkutnya menuju titik pengumpulan material pembangunan jalan baru yang akan menghubungkan Dusun Pagersari, Desa Tumanggal menuju Desa Tegalpingen.

Karsito (68), seorang warga Desa Tumanggal merasa senang bisa ikut membantu anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD Reguler ke-110. Meskipun sudah lanjut usia, Karsito tetap bersemangat mencangkul pasir hingga memanggulnya.

“Seneng, bisa ikut bantu, kan nantinya pembangunan jalan baru ini kan juga untuk warga,” kata Karsito, (28/2/2021).

Karsito tidak sedikitpun mengeluh, dirinya bersama dengan warga Desa Tumanggal siap untuk andil dalam pembangunan jalan baru. Terik matahari tak menyurutkan niatnya dengan tubuhnya yang mulai renta dia tetap menunjukan semangatnya.

“Harus semangat, biar yang lain juga ikut semangat. Kalau panas kaya gini sudah biasa gak jadi penghalang,” ujarnya. (Kiki)(Pendim 0702/Purbalingga)(M.Sulton Red)