Waspada Terjadinya Bencana Alam Banjir, Anggota Sat Brimob Polda Jabar Laksanakan Patroli Pengecekan Dan Pembersihan Pintu Saluran Air

SIARAN PERS

Waspada Terjadinya Bencana Alam Banjir, Anggota Sat Brimob Polda Jabar Laksanakan Patroli Pengecekan Dan Pembersihan Pintu Saluran Air

Pengecekan debit air sungai sekunder Cirebon girang yang memanjang dari pegunungan Ciremai menuju wilayah Cirebon dilakukan oleh anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor guna memastikan wilayah dataran yang lebih rendah untuk bersiaga bila didapat debit air meningkat. Kegiatan yang dilakukan dengan melihat keadaaan arus air di sungai yang tidak jauh dengan pemukiman rumah warga, setelah reda hujan mulai sore hingga malam Hari, Sabtu (6/3/2021).

Telah diketahui, Ketika adanya hujan yang mengguyur wilayah Cirebon sering kali menyebabkan beberapa wilayah mengalami banjir. Dalam mengantisipasi kejadian, dihimbau agar masyarakat waspada, bila dimungkinkan timbulnya banjir, dilakukan pengecekan setiap adanya hujan yang lebat.

Kegiatan Patroli anggota Brimob Kompi 1 Batalyon C Pelopor dilakukan dalam tindakan mengantisipasi bencana yang mungkin bisa timbul akibat adanya gangguan alam, melalui patroli cek debit air di sungai yang ada di wilayah Cirebon.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Patroli SAR merupakan satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri sebagai usaha mencegah terjadinya bencana yang disebabkan alam maupun perilaku manusia dengan cara mendatangi, menjelajahi, mengamati, mengawasi, memperhatikan situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan bencana yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan – tindakan kepolisian” imbuhnya.

“Dengan adanya kepedulian kita terhadap masyarakat diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman sesuai dengan tugas pokok kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat,” jelas Dansat Brimob.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan patroli SAR ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Sat Brimob Polda Jabar dengan Masyarakat″, pungkas Kombes Pol. Yuri Karsono.